Sekilas Tentang Raja Salman bin Abdul Azis

salmanEramuslim – Pangeran Salman bin Abdul Aziz al-Saud, yang menjadi  Raja Saudi , lahir pada tahun 1935. Dia menerima pendidikan dasar di Sekolah Pangeran di Riyadh, serta beberapa pelatihan keagamaan tradisional. Dia adalah bagian dari apa yang dikenal sebagai tim Sudairi (tujuh  anak dari Raja Abdul Aziz dari istrinya Husa al-Sudairi).

Dia memulai karir politiknya pada tahun 1954 sebagai gubernur Riyadh, pada usia 19 tahun. Dia terus mengisi posisi itu, kecuali berhenti sejenak selama perebutan kekuasaan antara Raja Saud dan King Faisal, dari tahun 1960 sampai tahun 1962. Setelah itu, ia kembali mengisi tanggung jawabnya sebagai gubernur Riyadh hingga 2011, setelah itu  ia ditunjuk sebagai menteri pertahanan.

Pada tahun 2012 ia diangkat sebagai putra mahkota.

Ia secara luas dikenal beraliran konservatif dan memegang pandangan tradisional berkaitan dengan reformasi politik dan perubahan sosial. Ada banyak rumor mengenai kondisi kesehatannya yang juga tidak begitu sehat serta ketidakmampuannya untuk bertahan ber jam-jam di kantor. Beberapa anak-anaknya memegang posisi penting di pemerintahan Saudi dan dianggap sangat kuat, apakah anak anaknya inilah yang akan berselisih setelah kematian Raja Salman? Wallahu Alam. (Alj/Dz)

Dapatkan App Eramuslim for Android KLIK DISINI.