Selama Ramadhan, Pencari Seks di Internet Menurun


Ini mungkin berkah Ramadhan. Menurut Google Graph, selama bulan Ramadhan, para pengguna internet di seluruh dunia, terutama di negeri Arab menurun sangat drastis.

Di bulan-bulan lain sebelumnya, kata “seks” di para mesin pencari menduduki salah satu yang paling popular dan hampir tak pernah sepi peminat. Namun ketika memasuki bulan Ramadhan, kata ini hamper tak pernah muncul dari pengakses internet di Arab.

Mengapa di Arab? Ini mungkin karena Arab identik dengan pemeluk Islam yang tengah menjalankan ibadah puasa. Seperti kita tahu, puasa Ramadhan mengharuskan orang yang menjalaninya untuk menjaga diri.

Pada tahun 2008 lalu, pada awal September—permulaan Ramadhan ketika itu—menukik tajam sampai titik terendah dalam pencarian kata “seks.” Lantas bagaimana dengan negara-negara lain? Di Barat dan AS, sama sekali tak berpengaruh, “seks” masih sangat popular. Dan bagaimana dengan Indonesia? Negeri dengan penduduk Muslim terbesar di dunia ini juga ternyata mengalami penurunan yang signifikan.

Namun, ketika Ramadhan berakhir, dari laporan tahun-tahun sebelumnya, para pengguna internet yang mencari kata “seks” berlipat-lipat lagi, dan bahkan mencapai puncaknya. (sa/baab)