Setelah Obama Mengucapkan Selamat Kepada Raja Abdullah Saudi

Presiden Amerika Serikat, Barack Obama dilaporkan berbicara dengan Raja Abdullah bin Abdul Aziz dari Arab Saudi pada Minggu malam untuk mengucapkan selamat atas kesembuhan pemimpin Saudi itu. Seperti diketahui, Raja Abdullah memang menjalani operasi punggung di New York, Amerika.

Operasi itu dinyatakan sukses. Namun tak ada laporan yang menyebutkan kapan Raja Abdullah akan kembali ke Arab Saudi. Ia disebutkan masih tinggal di rumahnya di New York untuk menjalani fisioterapi.

Selama ini memang, Saudi dikenal merupakan sekutu dekat AS. Berbeda dengan Obama, Wakil Presiden AS, Joe Biden menengok langsung ke rumah sakit pada 15 Desember silam, walaupun ia tidak bertemu langsung dengan sang raja, hanya diterima oleh keluarganya saja.

Namun menurut Arabiya, sebenarnya di balik itu, saat ini Amerika Serikat tengah bernegosiasi dengan Saudi untuk pembelian jet dan helikopter tempur senilai $60 juta. Jika jadi, dan ini tampaknya hanya tinggal menunggu waktu saja, akan menjadi transaksi senjata terbesar yang dilakukan oleh AS dalam sejarah.

Menurut pernyataan Gedung Putih, "Kedua pemimpin menggarisbawahi pentingnya hubungan bilateral, dan sepakat untuk melanjutkan kerja sama yang erat di berbagai isu."

Sejak menjadi raja Saudi, Abdullah memang banyak ditanggap oleh para pemimpin Barat sebagai raja yang sangat dibutuhkan di negara Islam itu dalam mempromosikan demokrasi dan sebagainya. (sa/aby)