SITE : Boko Haram Akhirnya Berbaiat kepada Daulah Islam

pemimpin boko haramKelompok bersenjata Nigeria Boko Haram dikabarkan akhirnya  berjanji setia kepada Daulah Islam , Reuters melaporkan mengutip SITUS kelompok pemantau.

Baiat tersebut diucapkan oleh pemimpin Boko Haram Abubakar Shekau, dibuat dalam sebuah rekaman audio yang diposting di halaman twitter kelompok tersebut pada hari Sabtu kemarin.

“Kami mengumumkan kesetiaan kami kepada Khalifah … dan kami  mendengar dan taat pada saat kesulitan ataupun kejayaan ,” SITE mengutip ucapan Pemimpin Boko Haram tersebut mengatakan dalam sebuah rerkaman audio .

Penjelasan  audio tersebut mengidentifikasi yang dimaksud Khalifah tersebut adalah  Ibrahim bin Awad bin Ibrahim al-Awad al-Qurashi, yang lebih dikenal sebagai Abu Bakr al-Baghdadi, Khalifah Daulah Islam , yang menguasai  sebagian besar wilayah Irak dan Suriah.

Khalifah Baghdadi pun telah menerima janji setia dari kelompok Mujahidin bersenjata lain di Timur Tengah, Afghanistan, Pakistan dan Afrika Utara.

Boko Haram telah melancarkan kampanye militer sejak enam tahun lalu untuk mengukir sebuah negara Islam di Nigeria utara. (Alj/KH)