Tinggalkan Dollar, Brazil-Argetina Terapkan Sistem Pembayaran SML

Brazil dan Argentina secara resmi tidak lagi menggunakan mata uang dollar AS untuk traksaksi perdagangannya. Kedua negara ini akan menerapkan sistem pembayaran baru yang sudah disetujui oleh presiden bank sentral kedua negara tersebut bulan September kemarin.

Sistem pembayaran yang digunakan dalam hubungan dagang kedua negara Amerika Latin itu disebut Payment System on Local Currency (SML), karena mata uang yang digunakan untuk transaksi eskpor dan impor antara kedua negara ini adalah mata uang lokal, yaitu mata uang real Brazil (BRL) dan mata uang Peso Argentina (ARS) Tujuan dari sistem pembayaran ini memang untuk mengakhiri penggunaan mata uang dollar dalam transaksi perdagangan di antara negara-negara Amerika Latin.

Sistem pembayaran SML menguntungkan industri-industri kecil dan menengah di Brazil dan Argentina, karena dengan sistem ini mereka bisa menghemat biaya bank yang dikeluarkan untuk saat menukar mata uang lokal dengan mata uang dollar dalam transaksi perdagangan.

Menurut Bank Sentral Argentina, nilai perdagangan antara Brazil dan Argentina mencapai 25 milyar dollar per tahun. Otoritas keuangan di Brazil mengungkapkan harapannya, SML nantinya juga diadopsi oleh negara Amerika Latin lainnya seperti Paraguay dan Uruguay. (ln/prtv)