Turki dan Qatar Gelar Latihan Militer Gabungan

Eramuslim.com -Qatar menggelar latihan militer gabungan dengan tentara Turki pada awal pekan ini (Senin, 19/6).

Latihan gabungan ini dilakukan untuk menunjukkan aliansi kuat setelah dua minggu pengucilan dan isolasi ekonomi yang dilakukan oleh negara tetangga yang menuduh sekutu mendukung terorisme Amerika Serikat.

Laporan tersebut melaporkan bahwa pasukan Turki tambahan telah tiba di Qatar pada hari Minggu kemarin untuk ikut ambil bagian dalam latihan tersebut.

Latihan bersama itu dilakukan serang beberapa waktu setelah parlemen Turki meloloskan langkah pengerahan pasukan ke sebuah pangkalan militer di Qatar yang menampung sekitar 90 tentara Turki berdasarkan sebuah kesepakatan yang ditandatangani pada tahun 2014.

Turki mengatakan akan mengerahkan 3.000 tentara darat di markas tersebut, terutama untuk dijadikan tempat latihan bersama.

Turki telah mempertahankan hubungan baik dengan Qatar. Turki dan Qatar sama-sama memberikan dukungan untuk pemerintahan Ikhwanul Muslimin terpilih di Mesir yang digulingkan pada tahun 2013 oleh pemimpin militer Abdel Fattah al-Sisi, sekarang presiden Mesir

Turki juga adalah satu dari sedikit negara kuat di Timur Tengah yang mendukung Qatar setelah Arab Saudi, Mesir dan beberapa negara lainnya memutus hubungan diplomatik dan juga ekonomi dengan Qatar karena menuduh negara tersebut telah mendukung teroriseme. Qatar sendiri membantah semua tuduhan tersebut.

“Blokade telah berlangsung selama dua minggu dan negara-negara yang memblokade tidak menawarkan formula untuk menyelesaikan krisis tersebut,” Sheikh Saif Bin Ahmed al-Thani, Direktur Kantor Komunikasi Pemerintah Qatar, mengatakan dalam sebuah pernyataan pada hari Senin.

“Sangat disayangkan bahwa tetangga kita telah memilih untuk menginvestasikan waktu dan sumber daya mereka dalam sebuah kampanye propaganda tanpa dasar,” sambungnya seperti dimuat Reuters. (kl/rmol)

https://m.eramuslim.com/resensi-buku/resensi-buku-pre-order-eramuslim-digest-edisi-12-bahaya-imperialisme-kuning.htm