Ulama Saudi, Syeikh Luhaydan : Mengemudi Bagi Wanita Akan Pengaruhi Ketahanan Indung Telur dan Panggul

luhaydanKaum Perempuan Saudi berusaha untuk menantang  larangan mengemudi dari pendapat ulama setempat dengan alasan dapat  mempengaruhi ketahanan indung telur dan tulang panggul mereka , Sheikh Saleh bin Saad al – Luhaydan , asosiasi konsultan hukum dan psikologis , mengatakan kepada situs berita Saudi sabq.org .

Mengemudi ” bisa memiliki dampak buruk fisiologis . Ilmu fisiologi dan kedokteran  mempelajari sisi ini [ dan menemukan ] bahwa secara otomatis mengemudi mempengaruhi indung telur dan panggul . Inilah sebabnya mengapa kita menemukan bagi wanita yang sering  mengendarai mobil, bayi mereka lahir dengan kelainan klinis seperti sunsang sekian derajat , ” kata Sheikh al – Luhaydan .

Respon Aktivis perempuan Saudi setelah pernyataan tersebut  meluncurkan kampanye secara online mendesak perempuan diperbolehkan untuk mengemudi pada tanggal 26 Oktober depan.

Lebih dari 11.000 wanita telah menandatangani deklarasi ‘oct26driving.com’  yang mengatakan : ” Karena tidak ada pasal yang pembenaran dari negara untuk melarang dewasa, termasuk wanita dari mengemudi . Kami menyerukan untuk segera dimungkinkan perempuan untuk mengikuti  tes mengemudi dan pemerintah mengeluarkan izin bagi mereka yang lulus . ”

Syekh al – Luhaydan mendesak para perempuan untuk mempertimbangkan kembali agar ” pikiran lebih didahulukan sebelum  emosi dan melihat masalah ini dengan pandangan yang realistis . ”

Pernyataan Al – Luhaydan langsung direspon  di media sosial , dengan banyak orang Saudi mengejek pendapat ulama tersebut sebagai ” penemuan ilmiah yang luar biasa.”

Kepala polisi agama kerajaan mengatakan pekan lalu bahwa ” syariat Islam tidak memiliki hukum yang melarang wanita untuk mengemudi.” Sheikh Abdulatif al – Sheikh menekankan bahwa sejak ia ditunjuk sebagai kepala Komite untuk Promosi Kebajikan dan Pencegahan untuk polisi agama , Ia menentang wanita untuk  mengemudi . (Arby/Dz)