Hari Ini Dewan Keamanan PBB Gelar Rapat Darurat Bahas Gencatan Senjata Di Kota Aleppo, Suriah

sidang-dk-pbbEramuslim – Senin 5 Desember 2016, Dewan Keamanan PBB akan menggelar sidang darurat untuk membahasa rancangan resolusi yang diajukan Selandia Baru, Spanyol dan Mesir terkait upaya gencatan senjata di Aleppo untuk mengizinkan bantuan kemanusiaan.

“Rapat darurat akan digelar pada hari Senin untuk menyepakati rancangan resolusi gencatan senjata di Aleppo, Suriah,” ujar diplomat di PBB kepada Anatolia, seraya tidak mengecualikan hak veto yang akan digunakan Rusia untuk membatalkan resolusi tersebut.

Rusia adalah salah satu dari lima anggota tetap di Dewan Keamanan PBB yang memiliki hak veto untuk mencegah penerbitan keputusan bersama anggota Dewan bersama dengan Amerika Serikat, Inggris, Perancis dan China.

Tercatat sejak 2012 lalu hingga awal bulan Desember sudah 11 rancangan resolusi yang dikeluarkan oleh Dewan Keamanan PBB tanpa berhasil menghentikan krisis kemanusiaan di Suriah.

Dari salinan yang berhasil diperoleh Anatolia menyebutkan bahwa rancangan resolusi yang diajukan Selandia Baru, Spanyol dan Mesir berisi gencatan senjata 24 jam di seluruh wilayah Suriah, serta mengizinkan masuknya bantuan kemanusiaan dan medis untuk 7 hari kedepandi wilayah-wilayah terkepung. (Anatolia/Ram)