free hit counters
 

AS Dukung Kemerdekaan Xinjiang dan Tibet

Redaksi – Senin, 2 Jumadil Awwal 1441 H / 30 Desember 2019 06:30 WIB

Pemberontakan ini sebagian digelorakan di AS sendiri, di bawah naungan perwira CIA Bruce Walker di Camp Hale, fasilitas pelatihan militer AS di Colorado. Di Camp Hale dari tahun 1956 hingga 1957, CIA secara ekstensif melatih 250 hingga 300 “pejuang kemerdekaan Tibet”, yang semuanya dirahasiakan dari publik. Pelatihan CIA tentang orang-orang Tibet berlanjut di Camp Hale sampai ditutup pada tahun 1964.

Pangkalan rahasia lain untuk operasi AS melawan Cina didirikan di kota resor ski Colorado, Aspen, tempat pasukan proksi Tibet diterbangkan oleh pesawat AS sebelum dijatuhkan oleh parasut.

Kamp pelatihan CIA lainnya didirikan di lokasi terpisah di negara Asia selatan Nepal, yang berbatasan dengan Tibet di utara. Antara 1949 dan 1951, jumlah operasi CIA yang terlibat dalam aksi rahasia meningkat sepuluh kali lipat. Anggaran CIA, untuk mendorong pemberontakan dan kerusuhan sosial di Cina, mencapai 20 kali jumlah uang yang dialokasikan untuk penggulingan Mohammed Mossadegh tahun 1953 di Iran. CIA menerima bantuan dalam menargetkan Cina dari layanan khusus Nepal dan India.



Kakak Dalai Lama, Gyalo Thondup, terlibat dalam berbagai operasi yang disponsori CIA melawan Cina, yang akhirnya dihancurkan oleh Beijing, yang mengakibatkan ribuan kematian. Seringkali memainkan peran sebagai “utusan tidak resmi” Dalai Lama, Thondup, yang saat ini tinggal di India di awal 90-an, pertama kali melakukan perjalanan ke AS pada tahun 1951. Ia memberikan banyak informasi kepada Departemen Luar Negeri AS tentang semua masalah mengenai Tibet.

Satuan tentara Tibet yang didanai CIA dan bersenjata, Dokham Chushi Gangdruk, melanjutkan kampanye perang gerilya selama bertahun-tahun di perbatasan Cina. Pada pertengahan 1960-an, ada hampir 2.000 pejuang etnis Tibet yang didukung AS beroperasi. Dalai Lama mendapat manfaat dari dana CIA dalam jumlah besar, dan pada tahun 1964 saja ia disubsidi dengan $ 180.000.

Hingga 1975, Dalai Lama mengaburkan peran CIA dalam pemberontakan Tibet tahun 1959 dan kegiatan lainnya, pada saat ia melakukan kontak dengan agen-agen AS di Tibet. Dalai Lama, yang memenangkan Hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 1989, dilengkapi dengan uang saku dari CIA sedari awal 1950-an, tetapi mungkin bahkan sebelum itu.

Selama wawancara dengan New York Times pada pertengahan September 1993, Dalai Lama mengatakan, “hari ini, bantuan dan dukungan yang kami terima dari AS benar-benar keluar dari simpati dan kasih sayang manusia”. Menjelang abad ke-21, pemerintah AS terus menyalurkan dana untuk tujuan kemerdekaan Tibet, melalui cabang-cabang Departemen Luar Negeri AS seperti Biro Kependudukan, Pengungsi, dan Migrasi (PRM).

← Halaman sebelumnya Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3 4 5

Laporan Khusus Terbaru