Generasi Micin Wajib Baca: Bahaya MSG Bagi Kesehatan (2-Tamat)

Untuk menempatkan masalah yang mengerikan ini dalam perspektif kita adalah: kita telah beralih dari menyimpulkan melalui meta-analisis bahwa MSG memiliki efek nyata negatif jika menggunakannya dan menyebabkan masalah neurologis dalam model tikus.

Sains memang tidak sempurna, dan seakan sering “termakan oleh waktu” selama bertahun-tahun untuk dapat menentukan suatu dampak yang ternyata kedepannya dapat berjangkauan secara lebih luas efeknya terhadap banyak zat aditif (zat tambahan) lainnya di dalam makanan kita.

Meskipun hasil penelitian oleh pakar-pakar laboratorium ini merupakan temuan baru, namun anehnya pihak Badan Pengawasan Makanan AS atau FDA (Food and Drug Administration) masih tidak memperbarui sikap mereka sejak tahun 2012 lalu! Hal ini terbukti dari informasi berdasarkan situs mereka yang tak lagi ter-updated hingga kini, dan masih menyatakan bahwa MSG umumnya tak berbahaya dan aman!

Begitu juga info mengenai MSG pada laman wikipedia yang mengkonfirmasi bahwa FDA (Food and Drug Administration) di AS itu, masih mengklasifikasikan MSG sebagai Generally Recognized as Safe (GRAS /atau secara umum diakui aman) dan di Uni Eropa digunakan sebagai zat tambahan makanan, lalu akhirnya mendunia.

Banyak penelitian lain yang muncul, juga menyatakan bahwa aspartam (pemanis buatan) memiliki dampak negatif terhadap sejenis flora di dalam usus kita yang berguna bagi manusia.

Namun semua efek berbahaya itu menjadi tidak mengejutkan lagi bagi kebanyakan orang, walau telah terbukti banyak zat aditif (zat tambahan) pada makanan lain yang umumnya kita makan, ternyata telah ditemukan dampak biologinya terhadap kesehatan kita, tapi anehnya justru kita tidak mau mengantisipasinya.

Hal ini sangat mungkin karena efeknya cenderung lama bahkan menahun, namun dengan pasti, terbukti dari pasien dan penderitanya yang selalu bertambah dan semakin bertambah dari tahun ke tahun, seperti yang ditunjukkan dalam sebuah studi baru-baru ini ketika menyelidiki efek neurologis (syaraf) akibat dari MSG dan aspartam ( penelitian Abu-Taweel GM et al, 2014 ).

Itulah semua hasil penelitian oleh para ahli-ahli farmasi dan laboratorium di dunia selama beberapa tahun terakhir tentang dampak MSG bagi tubuh kita.

Walau sudah dibukukan bahkan banyak terdapat di internet, namun hasil penelitian mereka seakan “ditelan” oleh Bumi dan tak diangkat kepermukaan.

Inilah salah satu bukti lagi, bahwa Depopulasi Dunia memang sudah dijalankan untuk memangkas populasi manusia secara massive agar jauh lebih sedikit akibat semakin minimnya sumber daya dan stok pangan di Bumi yang tak lagi dapat menyuplai seluruh umat manusia di dunia. Semoga bermanfaat. (IndoCropCircles)[]

Daftar Pustaka:

– Walker & Lupien (2000) – The safety evaluation of monosodium glutamate.

– Freeman (2006) – Reconsidering the effects of monosodium glutamate: a literature review.

– Farombi et al (2006) – Monosodium glutamate-induced oxidative damage and genotoxicity in the rat: modulatory role of vitamin C, vitamin E and quercetin.

– Nakanishi et al (2008) – Monosodium glutamate (MSG): a villain and promoter of liver inflammation and dysplasia.

– Collison et al, (2009) – Effect of dietary monosodium glutamate on trans fat-induced nonalcoholic fatty liver disease.

– Xun et al (2011) – Consumption of monosodium glutamate in relation to incidence of overweight in Chinese adults: China Health and Nutrition Survey (CHNS).

– Bhattacharva et al (2011) – Long term effect of monosodium glutamate in liver of albino mice after neo-natal exposure.

– Eweka et al (2011) – Histochemical Studies of the Effects of Monosodium Glutamate on the Liver of Adult Wistar Rats.

– Collison et al (2012) – Nutrigenomics of hepatic steatosis in a feline model: effect of monosodium glutamate, fructose, and Trans-fat feeding.

– FDA (not updated) (2012) – Questions and Answers on Monosodium glutamate (MSG)

– Horvath et al (2013) – Exposure to Enriched Environment Decreases Neurobehavioral Deficits Induced by Neonatal Glutamate Toxicity.

– ExposingTruth.com (2013) – Aspartame has also emerged as negatively impacting gut flora: The Bacteria You Need.

– Abu-Taweel GM et al, (2014) –  Cognitive and biochemical effects of monosodium glutamate and aspartame, administered individually and in combination in male albino mice.

SOURCE LINK

https://m.eramuslim.com/resensi-buku/167492.htm