Kemiskinan di Amerika Meluas

Di setiap kota besar, jumlah tuna wisma terus meningkat. Realitas di AS dengan ekonomi paling kuat di dunia ini benar-benar mengejutkan. Mengapa negara ekonomi terkuat di dunia terjerat dengan masalah seperti “tunawisma” atau tidak mampu menyediakan kebutuhan dasar seperti “air bersih” bagi warganya?

Saat ini, bukan hal yang aneh mendapati semakin banyaknya warga AS yang tidur di trotoar dekat gedung-gedung tinggi mewah di kota-kota besar. Pasti ada sesuatu yang busuk dalam inti sistem sosial dengan terus meningkatkan pundi-pundi kekayaan tanpa disertai upaya mengurangi kemiskinan. Memang masalahnya terletak pada sistem eksploitasi ekonomi – yaitu sistem Kapitalis.

Sejak awal, AS tumbuh sebagai sistem ekonomi yang tidak adil. Apa yang belum pernah terjadi sebelumnya saat ini adalah kesenjangan yang menganga antara si kaya dan si miskin. Secara kasar dalam 3 dekade terakhir, 1% teratas naik dari $ 8,4 triliun menjadi $ 29,5 triliun dalam kekayaan. Ketidaksamaan yang intens ini telah mengungkap sifat ekstrim rasisme dan chauvinisme pemerintah AS. Meskipun hari ini para politisi sayap kanan, pejabat, dan apa yang disebut analis politik dengan berani menyebarkan rasisme dan xenofobia lebih dari sebelumnya; namun sangat penting untuk mengetahui pada akar masalah bukan pada hasilnya.

Perbudakan di AS tidak berasal dari rasisme; sebaliknya rasisme mengharuskan pembenaran eksploitasi budak. Hari ini “Black Lives Matter” dan “Me Too” – yang disebut gerakan – membingungkan akar-akar dari eksploitasi ekonomi dengan produk sampingan, rasisme dan chauvinisme. Seorang dokter yang baik berusaha untuk menemukan penyebab sebenarnya terkait masalah medis pasien melalui gejala yang terlihat. Di AS seperti negara-negara Kapitalis lainnya, eksploitasi terhadap pekerja adalah penyebab masalahnya; rasisme dan chauvinisme adalah gejalanya.