Anggota DPR: Informasi Soal TKA Ilegal Cina Bukan Hoax

Eramuslim.com – Anggota Komisi IX DPR Okky Asokawati meminta, pemerintah tidak menutup mata atas maraknya keberadaan tenaga kerja asing (TKA) ilegal asal Cina yang bekerja di sektor pekerjaan kasar di sejumlah daerah. Sebab, informasi yang berhubungan dengan hal tersebut bukan hoax.

Pasalnya, laporan tersebut murni dari aparat pemerintah daerah yang melihat langsung kejadian tersebut. Oleh karenanya, lanjut Okky, pemerintah harus segera mengambil tindakan serius untuk menangani persoalan ini.

“Informasi yang muncul tentu bukanlah informasi yang sifatnya hoax,” kata Okky saat dihubungi di Jakarta, Senin (26/12/2016).

okky-asokawati

Politisi PPP ini pun mengharapkan pemerintah melakuakn evaluasi sekaligus moratorium terhadap kebijakan bebas visa. Sebab, kebijakan tersebut diduga menjadi pemicu maraknya TKA ilegal asal Cina yang memanfaatkan bebas visa.

“Evaluasi bebas visa ini juga merupakan rekomendasi dari panitia kerja (Panja) Tenaga Kerja Asing DPR RI,” ujarnya.

“Kami mengimbau kepada pemerintah, khususnya Kemenaker untuk menelusuri informasi apa pun yang muncul di daerah, baik bersumber dari Pemda dan masyarakat luas terkait keberadaan TKA ilegal asal Cina yang bekerja di sektor pekerjaan kasar,” tambahnya. (kl/ts)