Banjir Jakarta Sejak Era Sutiyoso, Saat Ini Luas Area Tergenang Paling Sedikit

Tercatat saat banjir terjadi ada 45.813 orang mengungsi di 409 lokasi. Adapun korban meninggal dunia berjumlah 5 orang dan genangan surut dalam 7 hari.

Kemudian pada 1 Januari 2020, tercatat curah hujan tertinggi sekitar 377 mm/hari. Banjir pada awal tahun ini menggenangi 390 RW dan luas area tergenang sekitar 156 kilometer persegi.

Kala itu, banjir disebut tidak terdampak ke area strategis. Adapun tercatat jumlah pengungsi sebanyak 36.455 orang yang tersebar di 269 lokasi. Korban meninggal dunia berjumlah 19 orang dan waktu surut genangan 4 hari.

Teranyar, pada Sabtu (20/2) kemarin, curah hujan tertinggi tercatat sekitar 226 mm/hari. Pemprov mendata ada 113 RW tergenang banjir dan luas area tergenang sekitar 4 kilometer persegi.

Banjir disebut tidak berdampak ke area strategis. Hingga kemarin siang pukul 12.00 WIB, tercatat ada 3.311 orang mengungsi yang tersebar di 44 lokasi.

Data yang dipaparkan menyebutkan tidak ada korban meninggal dunia.

Namun, berdasar laporan, seorang kakek berusia 67 tahun bernama Sutarmo ditemukan meninggal dunia di kediamannya Kelurahan Jatipadang, Pasar Minggu, Jakarta Selatan, usai banjir merendam wilayah tersebut.

Ketua RW 6, Kelurahan Jatipadang, Pasar Minggu, Syarifuddin menduga Sutarmo tewas karena tenggelam usai terkunci di dalam rumah saat banjir merendam rumahnya.

Dia ditemukan tewas sekitar pukul 07.00 WIB di tengah genangan air.

“Kebetulan almarhum tidurnya di bawah. Air kan tiba-tiba datang tinggi aja. Kemungkinan di bawah itu yang enggak bisa ketolong,” ujar Syarif kepada CNNIndonesia.com, Sabtu (20/2). (GLR)