BAZNAS Sambut Ramadhan 1430 H Dengan Kenduri Bersama 1430 Anak Yatim

Pada hari Minggu (9/8), dalam rangka menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan 1430 H, BAZNAS menyelenggarakan acara bertajuk Tarhib Ramadhan 1430 H dan Kenduri Berkah 1430 tumpeng Anak Yatim. Acara ini terdiri dari santunan kepada 1430 orang anak yatim disertai kenduri 1430 tumpeng, atraksi Rampak Beduq, pawai Ramadhan, Marawis, serta perlombaan mengarang dan mewarnai yang diikuti oleh siswa-siswi SD sejabodetabek. Acara resmi dibuka dengan pemukulan beduk bersama oleh Menteri Agama RI Maftuh Basyuni yang diikuti dengan pemukulan beduk oleh para undangan lainnya. Acara dilanjutkan dengan penandatanganan kerjasama Penerbitan Voucher 30K Ramadhan dengan Mobile 8, kerjasama Payment System dan Outlet Konter dengan BRI Syariah serta kerjasama Pembayaran ZIS via ATM dengan BII Syariah.

Ketua Umum BAZNAS, Prof. Dr. KH. Didin Hafidhuddin, M.Sc dalam sambutannya mengatakan bahwa acara ini merupakan acara tahunan yang digelar oleh BAZNAS dalam menyambut bulan Ramadhan. Melalui acara ini BAZNAS mengajak masyarakat agar menyambut bulan Ramadhan dengan suka cita. ”Ramadhan merupakan bulan ampunan dan momentum yang tepat untuk meraih ridho-Nya sekaligus bulan kasih sayang bagi fakir miskin” jelas Ustadz Didin. Melalui acara ini juga BAZNAS mengajak kaum muslimin untuk berzakat dan berinfaq melalui BAZNAS untuk disalurkan kepada yang berhak menerimanya.

Sementara Menteri Agama RI Maftuh Basyuni dalam sambutannya mengatakan bahwa terselenggaranya acara ini merupakan pertanda positif dari baiknya kondisi keamanan Indonesia berkat kerjasama berbagai pihak “Marilah kita bersama-sama memanfaatkan bulan yang penuh rahmat dan kasih sayang Allah untuk terus giat berzakat, berinfaq dan ber-shadaqah bahkan kalau perlu lebih dari 2,5% dari yang dizakatkan hingga mencapai 20% dari harta kita untuk mendapatkan keberkahan yang luar biasa dari Allah SWT dengan berbagai kasih sayang kepada sesama,” ujarnya. Beliau juga menekankan pentingnya memperhatikan anak yatim serta menyantuni mereka sesuai dengan petunjuk Al-Quran dan Hadist.

Acara yang didukung oleh 200 orang pengisi acara, ratusan peserta lomba serta didukung oleh berbagai perusahaan seperti Mobile 8, BRI Syariah, BII Syariah, Mandiri Syariah, BNI Syariah, Bank Muamalat, Bank Bukopin Syariah, Permodalan Nasional Madani (PNM), Sucofindo, dan berbagai UPZ BAZNAS yang tergabung dalam Forum Silaturrahim UPZ ini diselenggarakan di ruas Jl. H.R. Rasuna Said, Kuningan Jakarta (yang dipusatkan di sekitar menara 66) bertepatan dengan Hari Bebas Kendaraan Bermotor. BAZNAS juga bekerjasama dengan berbagai media seperti Wanita Indonesia Republika, JAK-FM, GenFM, Jak-TV, Rileks.com dan media lainnya untuk promosi dan peliputan acara ini.

Dukungan untuk terselenggaranya acara ini juga diberikan oleh Badan Pengelola Lingkungah Hidup Daerah (BPLHD) Jakarta Selatan, Walikota Jakarta Selatan PEMDA DKI, Balai Pustaka RI untuk penjurian acara lomba dan berbagai pihak lainnya. Acara ini juga dihadiri oleh jajaran direksi BUMN, para pejabat tinggi Negara, para pengurus BAZNAS, serta undangan lainnya.

Acara Tarhib Ramadhan 1430 H merupakan rangkaian awal dari kegiatan Ramadhan bertajuk “Bukan 2,5% Biasa, berkah bagi kita, berarti bagi mereka.” Makna dari 2,5% adalah persentase besarnya zakat atas harta yang sudah sampai nisab yang wajib dizakatkan oleh umat muslim. Sementara Bukan 2,5% Biasa dimaksudkan bahwa pada bulan Ramadhan ini, berkah yang akan kita dapatkan merupakan berkah yang luar biasa. Selain Tarhib Ramadhan Kenduri Berkah 1430 H, acara Ramadhan BAZNAS lainnya adalah event Food for Work (21/8) yang akan dilakukan BAZNAS bekerjasama dengan BAZDA di seluruh propinsi di Indonesia sebanyak 999 titik, dilanjutkan dengan Sahur On the Road di 99 titik di Jabodetabek (29/8), kemudian Sahur on Pesisir (5/9) dan acara Kejutan Cinta (9/9) bekerjasama dengan kelompok Mahaka Media.

Semoga melalui acara ini masyarakat muslim di Indonesia akan tergerak untuk semakin menggiatkan aktivitas zakat, infaq dan shadaqah serta menyambut kedatangan bulan Ramadhan 1430 H dengan suka cita. (ful)