Cendekiawan Muslim Yusuf Al-Qaradawi Meninggal Dunia

Yusuf Al-Qaradawi Meninggal Dunia

Eramuslim.com – Inna lillahi wa inna ilaihi raji’un. Cendekiawan Muslim yang berasal dari Mesir, Yusuf al-Qaradawi, meninggal dunia.

Hal itu tertuang dalam akun resmi ulama yang dikenal sebagai seorang Mujtahid pada era modern ini dan dekat dengan gerakan Ikhwanul Muslimin.

“Kami berdoa semoga Allah mengangkat derajatnya setingginya dan bergabung bersama yang mulia Nabi Muhammad SAW, orang-orang yang benar serta para syuhada orang orang-orang saleh,” tulis akun Twitter al-Qadarawi yang berbahasa Arab, yang dikutip FAJAR.CO.ID, Senin (26/9/2022).

Berdasarkan data di Wikipedia, Cendekiawan Muslim yang berasal dari Mesir ini lahir di sebuah desa kecil di Mesir bernama Shafth Turaab di tengah Delta Sungai Nil, pada usia 10 tahun, ia sudah hafal al-Qur’an.

Menamatkan pendidikan di Ma’had Thantha dan Ma’had Tsanawi, Qardhawi terus melanjutkan ke Universitas al-Azhar, Fakultas Ushuluddin. Dan lulus tahun 1952.

Tapi gelar doktornya baru ia peroleh pada tahun 1972 dengan disertasi “Zakat dan Dampaknya Dalam Penanggulangan Kemiskinan”, yang kemudian disempurnakan menjadi Fiqh Zakat. Sebuah buku yang sangat komprehensif membahas persoalan zakat dengan nuansa modern.

Sebab keterlambatannya meraih gelar doktor, karena dia sempat meninggalkan Mesir akibat kejamnya rezim yang berkuasa saat itu. Ia terpaksa menuju Qatar pada tahun 1961 dan di sana sempat mendirikan Fakultas Syariah di Universitas Qatar.