Direktur IPI: “Bisa Jadi Muncul Konspirasi Jatuhkan Jokowi”

news_17975_1403523180Eramuslim.com ā€“ Langkah yang diambil Jokowi menggelar pertemuan dengan mantan rivalnya Prabowo Subianto dapat menjadi bumerang bagi dirinya sendiri. Ini akan membuat partai pendukung Jokowi marah dan mencetuskan konspirasi untuk menjatuhkan dirinya. Hal ini dikatakan pengamat politi Karyono Wibowo kemarin (29/1)

“Tidak tertutup kemungkinan melihat indikator politik yang ada bisa jadi muncul konspirasi untuk menjatuhkan Jokowi,” kata Karyono usai diskusi bertajuk ‘100 Hari Pemerintahan Jokowi-JK, Antara Harapan dan Kenyataan’ di Gedung Juang, Menteng, Jakarta (29/1).

Menurutnya, manuver Jokowi menemui Prabowo dapat menyinggung partai politik pendukungnya selama ini. Terlebih bagi PDIP, karena partai berlambang banteng dengan mata merah ini memiliki rekam jejak pendendam, seperti kepada SBY dan juga Prabowo.

“Bisa jadi terjadi akumulasi kekecewaan dan memunculkan konspirasi,” beber Karyono.

Karena itu, Karyono meminta Jokowi berhati-hati dalam membangun kekuatan dari luar pendukungnya selama ini. Apalagi diduga kuat, permintaan Jokowi untuk bertemu dengan Prabowo kemarin sama sekali tidak dikonsultasikan terlebih dahulu dengan Ketua Umum PDIP Megawati.

“Harusnya jangan ke partai dulu tapi kepada rakyat. Ini terlalu cepat kalau Jokowi ingin membangun keseimbangan kekuatan politik dengan pihak oposisi,” tegas Karyono yang juga direktur Indonesia Public Institute (rz).