Dr Koko Tantang Debat yang ‘Anti’ Puasa Ramadhan, MS Kaban: Hanya Setan yang Ngajak tak Puasa!

Eramuslim.com –  Wabah Covid 19 selama Ramadhan tidak menghalangi berpuasa bagi yang masih mengaku bersyahadat dan beriman. Puasa Ramadhan sehat dan menyehatkan, hanya setan yang mengajak tidak berpuasa.

Pernyataan keras itu disampaikan mantan Ketua Dewan Syuro PBB MS Kaban menanggapi usulan Relawan Jokowi Rudi Valinka, yang meminta MUI mengeluarkan  Majelis Ulama Indonesia (MUI) atau Kementerian Agama (Kemenag) bisa mengeluarkan fatwa tidak berpuasa Ramadhan di saat ada Covid-19. Hal itu disampaikan penulis buku “A Man Called Ahok” itu di akun Twitter @kurawa (05/04).

“Wabah virus China Wuhan Covid 19 selama Ramadhan tidak menghalangi berpuasa, yang masih mengaku bersyahadat dan beriman puasalah dengan penuh taat. Hanya syethan yang mengajak tidak berpuasa. Puasa Ramadhan sehat dan menyehatkan. Shalat Taraweh  sehat  ke mesjid merasa tidak sehat di rumah,” tulis MS Kaban di akun Twitter @hmskaban.

Secara langsung, aktivis Islam Jonru Ginting meminta Rudi Valinka untuk tidak ikut campur urusan agama orang lain.

“Puasa Ramadhan itu diwajibkan hanya untuk orang beriman. Kalo ente bukan orang beriman, ya tak wajib puasa. Jadi ente gak perlu repot-repot minta fatwa MUI agar membolehkan tak berpuasa. Dan ente tak perlu ikut campur urusan agama orang lain. Itu namanya kebablasan,” tegas Jonru di akun @JonruGintingNew.