Dr Koko Tantang Debat yang ‘Anti’ Puasa Ramadhan, MS Kaban: Hanya Setan yang Ngajak tak Puasa!

Pemikir Islma Hilmi Firdausi turut menentang usulan Relawan Jokowi itu. ”Baik, saya gak akan kasih dalil agama, ini pake dalil kesehatan aja deh, puasa kata para ahli bisa menjaga keseimbangan katabolisme & metabolisme, untuk detoks, menurunkan glukosa & BB, bagus untuk jantung, merestorasi fungsi & kinerja sel, peningkatan limfosit 10x lipat dsb,” tulis Ustadz Hilmi di akun @Hilmi28.

Praktisi medis dr Andi Khomeini Takdik atau dr Koko bahkan menantang pihak-pihak yang menyatakan tidak perlu puasa Ramadhan selama Covid 19, untuk berdebat.

“Ada yang mau adu referensi mengenai puasa baik untuk kesehatan manusia atau tidak?  Oke. Silakan saja. Saya di sisi yang pro-puasa. Bahwa puasa justru menyehatkan manusia. Perlu 10 artikel? 20 jurnal? 50? 100 mungkin? Gw insyaAllah ladenin,” tulis dr Koko di akun @dr_koko28.

@dr_koko28 juga menulis: “Saya minta kepada MUI untuk semarakkan puasa Ramadhan & anjurkan puasa sunnah. InsyaAllah kekebalan kita lebih optimal. Gabung semua upaya : 1. Wudhu. 2. Sholat. 3.  Puasa. 4. Sedekah buah & sayur, ikan & telur.5. Bangun tahajud & subuh. Tetap jaga jarak 2 meter & gunakan masker.”(ito)