Dr. Tony Rosyid: 2019, Wis Wayahe Ganti Presiden

Di “ndalem” Mbah Moen, Prabowo dapat perlakuan cukup istimewa, bila dibanding politisi yang lain. Terutama jika dikait-kaitkan dengan isu pilpres kali ini. Setiap kali melangkah, tangan mulia Mbah Moen menggandeng erat Prabowo. Gandengan penuh energi. Diajak ke kamar khusus, lalu diminta untuk naik mobil putih. “Mobil saya ini seperti mobil presiden”, kata Mbah Moen. Gak tahu apa maksud Kiai sepuh ini. Hanya Allah, beliau dan Prabowo yang tahu.

Saat Prabowo digenggam tangannya oleh Mbah Moen dan diajak ke kamar di tengah keramaian para ulama dan tamu di ruang depan, Gus Najih, putra Mbah Moen berbisik kepada salah satu santri: Prabowo menang. Insya Allah. Si santri kaget. Buru-buru Gus Najih melanjutkan: “2014 Jokowi yang diajak ke kamar, dan 2019 ini Prabowo yang diajak ke kamar”. Lagi-lagi, Gus Najih mengahiri statemennya dengan kalimat:”insya Allah”.

Runut peristiwa yang unik, kendati tetap natural inilah yang meyakinkan di benak santri Al-Anwar saat itu bahwa Mbah Moen dukung Prabowo. Maka lahirlah teriakan ‘Wis Wayahe”. Opo iku “Wis Wayahe”?

Setelah ditelusuri maksud dan arti “Wis Wayahe” ternyata artinya adalah “sudah saatnya Prabowo jadi pesiden”. Oh… Ternyata… Maka tak terlalu mengejutkan ketika 1 Pebruari lalu Mbah Moen berungkali dalamndoanya menyebut nama Prabowo jadi presiden, meski di sampingnya ada Pak Jokowi.