Firli Bahuri Kena Sentil Usai MotoGP dan WSBK Rugi Ratusan Miliar: Beraninya Cuma Formula E Doang

eramuslim.com – Umar Hasibuan, yang dikenal dengan nama Gus Umar dan merupakan anggota Partai Kebangkitan Bangsa, menyoroti kerugian besar yang terjadi dalam penyelenggaraan World Super Bike (WSBK) dan MotoGP di Sirkuit Mandalika, yang mencapai ratusan miliar rupiah.

Gus Umar menyentil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri, yang dinilai pilih soal kasus Formula E.

Pernyataan tersebut diungkapkan oleh Gus Umar melalui akun Twitter pribadinya pada tanggal 18 Juni 2023.

“Firli itu beraninya cuman dengan Formula E doang. Ayo apa KPK berani bongkar kerugian sirkuit mandalika ini?,” ujar dia seperti dikutip dari WE NewsWorthy.

Diketahui, Holding BUMN pariwisata InJourney melalui PT Pengembangan Pariwisata Indonesia atau Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) mengajukan Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp1,193 triliun.

Rencananya, dari total PMN tersebut, sebesar Rp1,05 triliun akan digunakan untuk membayar utang. Perusahaan diketahui tengah menanggung utang Rp4,6 triliun dari proyek Sirkuit Mandalika.

Direktur Utama (Dirut) InJourney Dony Oskaria menjelaskan, utang tersebut terbagi dalam dua term pembayaran. Kewajiban pembayaran jangka pendek (short term) yang harus dilakukan sebesar Rp1,2 triliun dan kewajiban jangka panjang (long term) mencapai Rp3,4 triliun.

“Terus terang saya tidak bisa selesaikan kewajiban yang short term ini, diantaranya untuk bayar pembangunan Grand Stand, VIP Vilage, sama kebutuhan modal kerja saat penyelenggaraan event,” kata Doni saat RDP dengan Komisi VI DPR RI, Rabu (14/6/2023).

Untuk itu, dikatakan Doni, satu-satunya untuk menyelesaikan kewajiban jangka pendek ini, dirinya mengajukan Penyertaan Modal Negara (PMN) sebesar Rp1,05 triliun untuk ITDC.

 

(Sumber: Newsworthy)

Beri Komentar

77 komentar

  1. Tungau di seberang lautan kelihatan sementara Gajah di kelopak mata tak tampak oleh matanya. Memalukan sekali.

  2. Firli itu “milik pemerintah”, kalo anies itu kan oposisi, dia dibidik jelas…
    Partai pendukung anies skrng sdh mulai dibidik, satu menteri sdh tersangka, satu menteri lain lagi dibidik, yang lain menyusul. Penuh skenario buruk…

  3. Sepertinya salah kaprah, gak ngerti/pura2 gak ngerti atau apa yaaa…………setau saya KPK itu ngurusnya tentang “KORUPSI” bukan untung/rugi sebuah event. nah formula E itu kan kabarnya ada kelebihan bayar………….? jadi mungkin itu yg ditelusuri, paham bro/sist?