Habib Bahar: Kita Jalani Apapun Resikonya

Eramuslim – Habib Bahar bin Smith menegaskan siap menjalani proses hukum. Habib Bahar menerima penetapan status tersangka dugaan diskriminasi ras dan etnis terkait ceramahnya.

“Iya (kooperatif), jalani hukum yang ada karena kita kan negara berdasarkan UUD 1945. Jadi kita sebagai warga negara yang baik ya kita jalani apapun risikonya,” ujar Habib Bahar kepada Detik, Sabtu (8/12).

Habib Bahar ditetapkan sebagai tersangka setelah penyidik Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri melakukan gelar perkara pasca pemeriksaan Habib Bahar pada Kamis (6/12). Habib Bahar saat itu diperiksa sekitar 11 jam di Bareskrim Polri.

“Kita kooperatif datang ke sana diperiksa dengan baik, penyidik-penyidiknya juga profesional. Setelah ditetapkan tersangka kita terima, mereka kan hanya menjalankan tugas bisa jadi mungkin karena tekanan dari atas sebab mereka kan hanya dipimpin saja,” papar Habib Bahar.

Dalam pemeriksaan itu, Habib Bahar menegaskan ceramah-ceramahnya dilakukan berdasarkan dalil agama. Penyidik menurutnya juga memutar rekaman video ceramah Habib Bahar.

“Karena yang dipermasalahkan ceramah saya, terkait dengan ceramah agama jadi saya akan memberikan jawaban sesuai dengan dalil-dalil agama dan kitab-kitab salaf yang saya bawa pada penyidikan ini,” papar dia.