Ingatkan Habib Rizieq dan Bahar Smith, Refly Harun ke Dudung: Ini Politik, Tak Perlu Baper!

eramuslim.com  – Pakar Hukum Tata Negara Refly Harun, menyoroti pernyataan yang dilontarkan  Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) yakni Jenderal Dudung terhadap Habib Rizieq dan Bahar Smith.

Melalui video yang diunggah di kanal YouTube pribadinya, Refly Harun mengingatkan agar Jenderal Dudung tidak cawe-cawe dalam politik sipil.

Diketahui sebelumnya, KSAD Dudung sempat meminta kepada Habib Rizieq dan Bahar Smith agar tidak bicara macam-macam. Hal itu diungkapkan Jenderal Dudung di Mabes TNI AD, pada Selasa 8 Februari 2022.

“Ini soal politik dan sayangnya melibatkan salah satu petinggi TNI. Harusnya saya katakan TNI tidak boleh masuk dalam wilayah ini,” kata Refly Harun.

Selain itu Refly juga menerangkan, bahwa yang dilakukan keduanya selama ini bukanlah tindakan macam-macam. Habib Rizieq maupun Bahar Smith hanya menjalankan hak sebagai warga negara, mengkritisi pemerintahan Jokowi.

Oleh karena itu, Refly meminta Jenderal Dudung tidak bawa perasaan alias baper.

“Jadi kalau misalnya mereka mengajukan atau mengeluarkan pernyataan yang mengkritik pemerintahan ya memang itulah yang kerap dilakukan sebagai suara kritis dari masyarakat, sebagai representasi dari suara kritis masyarakat dan tidak perlu baper. Ini soal politik tak perlu baper,” sambung Refly.