Jika Mau Didukung Rakyat, KPK Harus Proses Megawati Dalam Kasus BLBI

Eramuslim.com – KPK akan mendapat dukungan rakyat seluruh Indonesia jika berani memeriksa Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri dalam kasus BLBI.

Penegasan itu disampaikan aktivis politik Rahman Simatupang (26/04). “Saat ini, rakyat mencurigai KPK hanya berani pada koruptor kelas kecil saja,” papar Rahman.

Menurut Rahman, kasus BLBI sudah merugikan negara dalam jumlah yang sangat besar. “KPK harus segera menuntaskan kasus BLBI karena lembaga antirasuah itu menggunakan uang rakyat,” tegas Rahman.

Rahman menegaskan, Pimpinan KPK tidak perlu takut untuk memeriksa, dan jika ditemukan bukti awal, bisa menetapkan Megawati sebagai tersangka kasus BLBI. “Seperti yang dialami Novel Baswedan, Pimpinan KPK dan penyidik KPK bisa saja mendapat teror dan kriminalisasi jika berani menuntaskan kasus BLBI,” pungkas Rahman.

KPK menetapkan mantan Kepala Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) Syafruddin Arsyad Tumenggung sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI). Kasus ini telah melalui proses penyelidikan di KPK sejak 2014 lalu.

Juru bicara KPK Febri Diansyah, mengatakan KPK telah mengumpulkan bukti dan memeriksa sejumlah saksi terkait dengan kasus korupsi pemberian surat keterangan lunas (SKL) dalam pengucuran BLBI. Pekan sebelumnya, KPK juga telah memeriksa mantan Menteri Koordinator Ekonomi, Kwik Kian Gie.(jk/ito)

https://m.eramuslim.com/resensi-buku/resensi-buku-pre-order-eramuslim-digest-edisi-12-bahaya-imperialisme-kuning.htm