Kapal Perang Asing Merapat di Indonesia Untuk Operasi NEO?

Kabarnya ketujuh penempur itu gagal mendarat di kapal induknya lantaran terhadang cuaca buruk sehingga harus alih mendarat (divert) ke bandara terdekat. Aceh menjadi tujuan pendaratan. Saat kejadian, Charles de Gaulle dikabarkan sedang dalam posisi sekitar 200 km sebelah barat batas zona eksklusif wilayah Sumatera.

Dibanding HMAS Canberra, kapal induk Charles de Gaulle berukuran lebih besar. Mampu membawa 20 jet tempur Rafale-M, tiga pesawat radar E-2C Hawkeye dan hingga belasan helikopter angkut.

Jangankan untuk operasi semacam NEO, misi tempur pun dengan mudah dilakoni kapal induk Perancis ini, jika memang diperlukan. Seperti halnya rekannya dari Australia, kapal Perancis itu tentu saja dikawal beberapa kapal perang lainnya. Di posisinya di Samudera Hindia, Charles de Gaulle dikabarkan sedang dalam misi latihan rutin jelang reposisinya ke kawasan Timur Tengah.

Sebelumnya, di awal Mei ini sudah lebih dulu ada dua kapal perang penting masing-masing sebuah dari Amerika dan China yang merapat ke Indonesia. Sama seperti gugus armada HMAS Canberra, kedua kapal tersebut sesungguhnya dikatakan tengah melakukan perjalanan muhibah.

USS Blue Ridge milik Komando Pasifik AL AS merapat di Jakarta pada 1 Mei 2019 dalam rangka peringatan 70 tahun hubungan diplomatik AS–Indonesia. USS Blue Ridge adalah kapal jenis komando tempur terpadu level kawasan.

Meskipun bukan jenis kapal pengangkut atau kapal tempur, USS Blue Ridge memiliki kemampuan yang tak bisa diremehkan. USS Blue Ridge dilengkapi sarana komunikasi tercanggih yang memiliki kemampuan memberikan perintah langsung kepada semua alutsista AS di kawasan Indo-Pasifik yang tergabung dalam Armada ke-7 Pasifik.

Sementara itu kapal China yang sandar di Indonesia, persisnya di Surabaya pada tanggal 9 Mei lalu, adalah kapal jenis survei kelautan (ocean survey ship). Kapal bernama Hai Yang itu dioperasikan AL China untuk misi survei kelautan, termasuk di antaranya pemetaan bawah laut.

Boleh-boleh  saja publik menduga-duga, ada maksud lain selain alasan resmi kehadiran kapal-kapal perang besar itu (dan kehadiran kapal induk Perancis di Samudera Hindia). [rm]


TERBIT… HOLLYWOOD UNDERCOVER, Eramuslim Edisi 3 Revisi. Mengurai gurita rahasia Zionisme dibalik tirai produksi Film2 Hollywood.  Telah terbit insyaAllah ditanggal 20 Mei 2019. Harga Rp 100.000/eks (belum tmsk ongkir) Pemesanan ke WA/SMS di 085811922988 dengan menyebutkan Nama pemesan, dan alamat kirimnya, agar kami bisa tawarkan. Pesan sgera agar kami catatkan pemesanannya… Wassalamu alaikum wr wb