Kemarin Mengecam, Kini Menko Muhadjir Puji Anies

Eramuslim.com – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy mengatakan saat ini koordinasi di lapangan sudah berjalan semakin baik di DKI Jakarta. Penyaluran bantuan sosial (bansos) dari pemerintah atau Presiden Joko Widodo (Jokowi) bagi masyarakat terdampak virus Corona di DKI Jakarta kini telah memasuki tahap II.

“Saya kira sudah semakin baik. Koordinasi dengan Pak RT/RW untuk masalah data terus kita perbaiki, di level masyarakat untuk pembagiannya pun sangat mengedepankan asas gotong royong,” kata Muhadjir melalui keterangan tertulis, Sabtu (9/5/2020).

Muhadjir mengapresiasi kinerja perangkat desa, terutama RT/RW, lurah, hingga camat dan masyarakat yang mau saling berbagi. Dia mengatakan pemerintah tengah berupaya membenahi penyaluran bansos agar tidak terjadi lagi keributan.

“Dalam kondisi seperti ini kita sama-sama memahami, yang penting disepakati dengan baik, jangan ribut, dan dirasakan bersama serta kita syukuri. Percayalah bahwa pemerintah juga sedang berupaya agar COVID-19 ini segera berakhir,” ungkap Muhadjir.

Muhadjir menjelaskan bansos presiden tahap I di DKI Jakarta telah tersalurkan seluruhnya. Per 8 Mei 2020, penyaluran tahap II sudah mencapai sekitar 7,8 persen atau sebanyak 73.535 keluarga penerima manfaat (KPM). Jenis bantuan untuk program bansos tahap II adalah beras 25 kg yang berasal dari Bulog.