Kubu Jokowi Berseteru: PSI vs PDIP, Golkar vs Nasdem, dan PPP vs PKB

Kasus ini terkenal dengan nama ‘Kardus Durian’, mengacu pada penemuan kardus durian berisi uang yang ada di Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Kemenakertrans) yang saat itu dipimpin Cak Imin.

“Bukankah ketika Ketua Umum PKB, Cak Imin, pada saat dulu pernah tersandung di Kemenakertrans, yaitu kasus Kardus Durian. Kita dari PPP tidak pernah Al-Makki Al-Hujat (memaki dan menghujat).” Tegasnya.

 

Elektabilitas

Pengamat politik dari Universitas Bung Karno (UBK) Cecep Handoko mengatakan, bukan perseteruan antara kubu koalisi Jokowi yakni PSI-PDIP, Golkar, Nasdem. Tapi yang dilakukan partai koalisi tersebut adalah sebagai upaya untuk saling meningkatkan elektabilitas masing masing partai yang mendukung Jokowi di Pilpres 2019. Contohnya, Golkar dan Nasdem pada dasarnya adalah satu gerbong yang secara garis ideologi juga beririsan.

“Kalau PSI emang mereka meski genit biar elektabilitas naik,” ujar Cecep Handoko kepada Harian Terbit, Minggu (17/3/2019).

Cecep menilai, PSI yang genit tersebut jika dilihat gestur politiknya sama persis dengan yang dilakukan Partai Demokrat. Tokoh-tokoh muda dikedua partai tersebut sering melakukan hal-hal kontroversial sehingga membuat heboh di masyarakat. Oleh karenanya antara PSI-PDIP dan Golkar-Nasdem pada dasarnya bukan konflik tapi soal panggung politik untuk menaikkan elektabilitas masing-masing parpol.

“Dalam konteks koalisi Jokowi saya melihat sejauh ini kubu Jokowi solid. Panggung politik terkait PSI-PDIP dan Golkar-Nasdem tidak bisa dilihat hanya dari luar saja.Oleh karenanya koalisi Jokowi sejauh ini solid,” ungkap Cecep.

Terkait pernyataan Akbar Tanjung menyebut, Nasdem harus diwaspadai karena punya niat jahat terhadap Golkar, Cecep menuturkan, hal tersebut merupakan konsolidasi antara kakak dan adik. Akbar merupakan politisi gaek yang kalimatnya tidak bisa ditafsir begitu saja. Apalagi statmennya diucapkan didepan publik. Jika memang ada hal yang riskan maka diyakini Akbar Tanjung tidak akan berstatemen sembarangan. [ht]


BEST SELLER BUKU PEKAN INI, INGIN PESAN? SILAHKAN KLIK LINK INI :

https://m.eramuslim.com/resensi-buku/resensi-buku-diponegoro-1825-pre-order-sgera-pesan.htm