Merasa Ditipu Koordinator Aksi, Pendemo di Papua Tolak Ikut Demo Lagi

Eramuslim.com – Adanya provokator yang menunggangi aksi massa di Papua beberapa hari ini mulai terungkap. Sekitar 300 orang massa aksi demo beberapa hari lalu yang berasal dari masyarakat pegunungan wilayah Wamena merasa telah ditipu oleh koordinator aksi massa yang berakhir anarkis.

Kapendam Cendrawasih, Letkol CPL Eko Daryanto, mengatakan ratusan warga Wamena itu berkomitmen tidak akan lagi ikut dalam aksi demo dalam bentuk apapun.

Awalnya, ratusan sempat bersembunyi di kompleks kelurahan Numbay Distrik Jayapura Selatan. Sekitar sore (14.30 WIT) kemudian mereka menyampaikan penyesalan dan merasa ketakutan untuk kembali ke tempat tinggalnya.

“Massa pendemo sepakat untuk tidak mau lagi ikut-ikutan aksi massa dalam bentuk apapun. Kelompok ini merasa telah ditipu oleh oknum yang tidak bertanggung jawab yang memanfaatkan isu rasisme,” ungkap Eko Daryanto lewat siaran persnya yang diterima Kantor Berita Politik RMOL, Minggu (1/9).

Menurut kesaksian para pendemo, mereka tidak berani kembali ke daerah Abepura dan Wamena dengan alasan takut mendapat aksi balasan dari masyarakat yang telah menjadi korban aksi penjarahan, pembakaran, pelemparan maupun pengrusakan.