New Normal, Gubernur BI Ikuti Protokol Gubernur Anies

Eramuslim.com – Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo mengatakan bank sentral siap mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah pusat dan daerah dalam rangka tatanan normal baru (new normal).

Menurutnya, protokol yang diterapkan pemerintah sangat penting untuk mencegah penularan virus Corona (Covid-19) atau aspek kesehatan.

“Kami mendapatkan informasi di Jakarta ada perpanjangan PSBB. Silakan mau sebut new normal atau apa. Apakah ketetapan new normal tempat umum akan dibuka genap-ganjil. Kami akan ikuti semua protokol yang ditetapkan pemerintah DKI Jakarta,” katanya saat konferensi pers virtual, Jumat (5/4/2020).

Dia menuturkan BI tetap akan melaksanakan tugas bank sentral, yaitu berkoordinasi dengan penyelenggara jasa keuangan dan industri agar aktivitas di pasar uang dapat berjalan lancar.

Selain mengikuti protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah pusat/daerah, Perry mengatakan BI juga akan menyiapkan protokol dalam melaksanakan tugas, yaitu kritikal dan nonkritikal.

Untuk tugas kritikal, BI atau perbankan masih menerapkan mekanisme split operations Ini dilakukan untuk menjamin pengamanan para pekerja yang bertaggung jawab pada tugas kritikal.