Pasangan Puan Maharani-Rizal Ramli Disebut Bisa Menangkan PDIP

eramuslim.com – Kemenangan PDI Perjuangan pada Pemilu Serentak 2024 akan bergantung pada kecermatan dalam memilih pasangan calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).

Menurut Jerry Massie, Direktur Political and Public Policy Studies (P3S), PDIP telah memiliki standar yang tepat dalam menentukan capres.

“Pasalnya, ada kejenuhan tersendiri dari Megawati (Ketua Umum PDIP) melihat figur yang tak kompeten. Dia menyebut kriteria itu dengan sindiran kepada pemimpin pencitraan,” ujar Jerry kepada Kantor Berita Politik RMOL, Jumat (21/4).

Ia menambahkan, Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto telah menyampaikan kriteria capres yang diinginkan Megawati Soekarnoputri. Yaitu kokoh secara ideologis, visioner, mumpuni, profesional, dan memahami kehendak rakyat.

Menurutnya, kriteria itu secara tidak langsung menjadi standar untuk melawan bakal calon presiden (bacapres) yang diusung lawan politiknya nanti. Yaitu Anies Baswedan dari Koalisi Perubahan untuk Persatuan yang berisi Partai Nasdem, Partai Demokrat, dan PKS.

“Untuk melawan Anies, hanya tipikal pemimpin jujur, konseptor, dan kredibel, serta peduli rakyat,” tuturnya.

Melihat kader internal yang dimiliki PDIP, Jerry meyakini Ketua DPR RI Puan Maharani akan dipilih oleh Megawati, ketimbang Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Namun sayangnya, doktor komunikasi politik America Global University ini mencatat elektabilitas Puan tidak berkembang signifikan akhir-akhir ini.

“Maka PDIP harus keluar dari zona nyaman. Cari figur bukan sekadar menjadi representatif partai tapi representatif publik,” sambungnya.

Oleh karena itu, Jerry mendorong agar PDIP bisa memilih tokoh yang berasal dari luar kader mereka, tetapi sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan Megawati.

Jerry pun menyodorkan nama tokoh publik yang sudah malang melintang di pemerintahan Indonesia, bahkan sejak era Presiden keempat RI Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

“Kalau PDIP mau menang, maka partai ini harus menggandeng Rizal Ramli dipasangkan dengan Puan Maharani,” tuturnya.

“Capres yang bisa kalahkan visi, konsep, dan kebijakan Anies hanya Rizal Ramli,” demikian Jerry.

 

(Sumber: RMOL)

Beri Komentar