PKB Kembali Singgung Anggaran, Kali Ini untuk Pertanian dan KKP

Eramuslim.com – Anggota Komisi IV DPR RI, Luluk Nur Hamidah mendesak Presiden Joko Widodo agar segera melakukan normalisasi anggaran bagi Kementerian yang lekat dengan kebutuhan pangan Indonesia.

Demikian disampaikan Luluk saat berbincang dengan Kantor Berita Politik RMOL, Jumat dini hari (7/8).

Diketahui, berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), lima sektor ini memengaruhi 65 persen produk domestik bruto (PDB). Namun dari lima sektor tersebut, hanya satu sektor yang terbilang tumbuh positif.

Kontribusi sektor pertanian pada PDB dalam catatan BPS memiliki peningkatan pada kuartal kedua, sebanyak 15,46 persen, sedangkan di tahun 2019 di kuartal yang sama hanya mencapai 13,57 persen.

Luluk sejak awal kerap menyuarakan bahwa di saat situasi seperti pandemik virus corona baru (Covid-19), pertanian adalah sektor yang akan bisa survive dari keterpurukan. Mengingat kebutuhan pangan bagi 267 juta jiwa masyarakat Indonesia tidak akan berubah dan cenderung meningkat.

Luluk juga melihat selama sektor industri terganggu proses produksinya karena bencana non alam Covid-19, justru para para petani tetap menjalankan aktivitas produksi secara stabil.

“Pertanian nggak akan berhenti produksi, mereka tetap menjalankan aktivitas produksi, petani tidak mengalami PHK (pemutusan hubungan kerja), petani satu-satunya entitas yang merdeka. Sebaliknya kalau di pabrik kan ditentukan oleh sistem, saat pandemik ini terbukti pertanian yang tetap produktif,” demikian kata Luluk, Jumat (7/8).