Prof Zainuddin Minta Rezim Jokowi Hentikan Kebijakan yang Bebani Rakyat

Eramuslim.com – Anggota Fraksi PAN DPR RI Prof Zainuddin Maliki meminta rezim Joko Widodo (Jokowi) menghentikan berbagai kebijakan yang membenani rakyat terutama di tengah pandemi Covid-19.

Mantan Rektor Universitas Muhammadiyah Surabaya tersebut, menhyamoaikan hal itu karena melihat berbagai kebijakan pemerintah menunjukkan gejala bahwa birokrasi yang dijalankan rezim sekarang ini tidak lagi visioner.

Salah satu yang disorot Prof Zainuddin adalah kenaikan iuran BPJS Kesehatan yang diputuskan Jokowi di saat rakyat kesulitan ekonomi akibat terdampak wabah corona.

“Kenaikan iuran BPJS ini bukan saja cerminan miskin empati pemerintah terhadap penderitaan rakyatnya sendiri. Tetapi juga menggambarkan lemahnya daya responsif yang seharusnya dimiliki oleh birokrasi pemerintah di masa darurat seperti sekarang ini,” ucap Prof Zainuddin, kepada jpnn.com, Rabu (20/5).

Legislator PAN ini memandang dalam kondisi normal, rakyat membutuhkan pemerintahan yang dinamis, responsif dan visioner. Apalagi di masa darurat Covid-19 sekarang ini, masyarakat tentu mendambakan pemerintahan yang mengerti dan memberdayakan rakyatnya.

Namun yang terjadi, katanya, pemerintah justru bersikukuh menaikkan iuran BPJS melalui Perpres 64 tahun 2020. Kenaikan itu diberlakukan untuk semua kelas pada Juli mendatang, kecuali kelas III yang baru diberlakukan tahun 2021.