Ramalan Giant Tutup Disampaikan Rizal Ramli ke Jokowi 3 Tahun Lalu

Daya beli masyarakat juga berpengaruh pada harga aset yang rontok. Menurutnya, gerai Giant yang tutup adalah salah satu dampak dari kebijakan tersebut.

Selain itu, Rizal Ramli juga menyebutkan dampak lainnya seperti pemutusan hubungan kerja (PHK) karyawan.

“Hari ini sektor retail rontok: Giant tutup PHK, 80% Carrefour di jual ke Cina, Krakatau Steel PHK. Investor Cina pesta krn asset price anjlok. Terjadi pergantian pola kepemilikan! Jkw dikibuli,” tulisnya.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Darmin Nasution, meminta tutupnya gerai Giant jangan dirisaukan.

Menurutnya, penutupan enam gerai perusahaan yang dimiliki oleh PT Hero Supermarket Tbk itu disebabkan tak kuat persaingan bisnis yang semakin ketat. Darmin menilai hal tersebut adalah normal.

“Itu hasil dari persaingan, kalau ada yang kalah dalam bersaing, itu normal,” katanya saat ditemui di Jakarta, Senin (24/6/2019).

Persaingan bisnis ritel modern, kata Darmin, semakin ketat. Pelaku industri bersaing untuk memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen.

“Jangan dirisaukan karena yang sana ada yang naik, sini ada yang turun,” jelasnya.

Penyebab enam gerai Giant ditutup juga disampaikan oleh Wakil Ketua umum Asosiasi Pengusaha Ritel Indonesia (Aprindo), Tutum Rahanta.

Tutum mengatakan, gerai Giant tutup karena kerugian yang tak bisa ditutup oleh pengelola. Menurutnya, pengelola kalah bersaing dari kompetitor.