Ramalan Giant Tutup Disampaikan Rizal Ramli ke Jokowi 3 Tahun Lalu

“Saya kira itu lebih kepada ketidakmampuan toko tersebut, jadi dia (Giant) tidak bisa menghidupi diri sendiri,” katanya.

Tutum mengatakan, bila gerai yang ditutup itu masih mampu menutupi kerugian, tentu tidak akan ditutup walaupun tidak berkontribusi banyak terhadap perusahaan secara keseluruhan.

Buka dan tutupnya suatu toko dalam usaha ritel, kata Tutum, adalah wajar. Bedanya, terletak pada skala tutupnya, yaitu sekaligus atau tidak sekaligus.

Munculnya toko online juga membuat persaingan bisnis semakin ketat. Menurutnya, toko online harus ditertibkan agar persaingan bisnis berjalan sehat.

“Terkait masalah letak, kita pastikan untuk re-chek letaknya, apakah konsumen di awal buka toko masih sama atau tidak. Kalau konsumennya berubah, dia harus berubah juga produknya. Lihat juga apa ada kesalahan dalam mengatur ritel atau bagaimana,” katanya.

Sebelumnya, ada enam gerai Giant yang ditutup, yakni Giant Ekspress Cinere Mall, Giant Ekspres Mampang Prapatan, Giant Ekspres Pondok Timur, Giant Ekstra Jatimakmur, Giant Ekstra Wisma Asri, dan Giant Ekstra Mitra 10 Cibubur.

Kini, diskon yang dikenakan Giant pada semua produk berkisar antara 5 persen hingga 50 persen. Berbagai spanduk pemberitahuan penutupan toko dan diskon disematkan di enam gerai Giant tersebut. (mc)