Rizal Maulana, Anak Penggali Kubur yang Lolos Jadi Prajurit TNI Bermodalkan Doa Ibu

VIVA Militer: Rizal Maulana prajurit Kodam Siliwangi.

eramuslim.com – Tentara Nasional Indonesia (TNI) Angkatan Darat membuktikan bahwa tidak ada diskriminasi dalam proses rekrutmen prajurit. Terbukti bahwa semua lapisan masyarakat dapat direkrut tanpa memandang latar belakang mereka, apakah mereka berasal dari keluarga miskin atau kaya.

Salah satu contohnya adalah Rizal Maulana, seorang pemuda miskin asal Kota Bandung, Jawa Barat. Rizal baru-baru ini berhasil melewati tahap rekrutmen dan menjadi prajurit TNI melalui program Tamtama di Komando Daerah Militer (Kodam) III Siliwangi.

Menurut siaran resmi dari Kodam Siliwangi dilansir VIVA Militer pada Senin, 15 Mei 2023, Rizal diketahui berasal dari keluarga tak mampu. Ayahnya bekerja sebagai buruh penggali kubur dengan penghasilan yang sedikit, sementara ibunya hanya seorang ibu rumah tangga.

“Alhamdulillah walaupun beliau sebagai kuli kuburan saya dapat dipercaya jadi prajurit TNI Angkatan Darat, tak ada yang tak mungkin kalau kita berusaha dan terus berdoa, kita dapat mewujudkan cita-cita,” kata Rizal.

Kedua orang tua Rizal sangat terkejut dan sangat terharu ketika tahu anak bungsu dari empat bersaudara itu lolos menjadi prajurit TNI. Menurut Ibunda Rizal, ketika anaknya meminta izin untuk mendaftar sebagai prajurit TNI, ia tak bisa berkata apa-apa selain bersedih.

“Sedih dia cita-citanya tinggi, tapi ibu orang tak punya. Ibu cuma bisa berdoa buat anak dan ngasih semangat. ‘Mah Rizal doain, Rizal mau coba-coba jadi anggota TNI’,” kata ibunda Rizal.

Ibunda Rizal mengatakan, selama proses pendaftaran sampai Rizal lolos menjadi prajurit TNI, tak ada pungutan apapun dari panitia perekrutan prajurit TNI. Semua gratis.

“Mudah-mudahan ke depannya ini patut jadi contoh buat semua yang mau daftar TNI, tidak dipungut biaya sepeser pun, orang tak mampu seperti Rizal bisa masuk,” kata Ibunda Rizal.

 

(Sumber: Viva)

Beri Komentar