Santripreneur Rahmatan Lil ‘Alamin, Senjata Sandi Angkat Potensi Pondok Pesantren

Eramuslim – Calon Wakil Presiden nomor urut 02, Sandiaga Salahuddin Uno belum lama ini mengunjungi Pondok Pesantren An-Nur 2 Al-Murthado di Bululawang, Malang, Jawa Timur.

Dalam kunjungan ke pesantren itu, Sandi ditanya mengenai programnya oleh pimpinan pesantren Kiai Zein.

“Insya Allah, kita akan ciptakan santripreneur. Santri yang dididik untuk menciptakan lapangan kerja, bukan mencari kerja, selain tentu partai koalisi kami mendorong pengesahan UU Pesantren,” kata Sandi di Malang, Jawa Timur, Rabu (5/12).

Dalam perjalanannya berkampanye, Sandi juga sempat melihat beberapa pesantren yang mampu mandiri untuk memenuhi kebutuhan hidup para santrinya dengan memanfaatkan lahan yang ada, dari sayur-mayur, ikan, tebu hingga air.

Mantan Wakil Gubernur ini juga menyatakan jika dikelola dengan baik, pesantren mampu mengelola sendiri kebutuhan pokoknya, bahkan mengurus airnya sendiri. Contoh yang baik ini, lanjut Sandi, bisa ditiru dalam mengelola negara.

“Mereka tidak bergantung pada fluktuasi harga di luar. Kami, Prabowo Subianto dan Sandi Uno, ingin bangsa ini bisa berdiri sendiri, tidak tergantung pada orang luar. Bangsa ini kaya dan melimpah, bukan hanya sumber daya alam tapi juga tenaga kerjanya,” jelasnya.

“Tahun 2020 kita akan mendapatkan bonus demografi. Jika ini tidak dibenahi sekarang, bangsa ini hanya akan jadi penonton, bukan pemain,” tambahnya.