Sentil KASN, Gubernur Jakarta; Jangan Jawab-Jawaban Lewat Media

Eramuslim – Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan menyebut, dia telah menjawab surat rekomendasi yang telah dilayangkan oleh Ketua Komisi Aparatur Negara (KASN) Sofian Effendi mengenai pemberhentian sejumlah pejabat tingkat pertama di lingkungan DKI Jakarta. Menurutnya, komunikasi antarpemerintah memang sebaiknya dilakukan dengan bersurat tanpa harus melalui media.

“Kita jawab secara bersurat. Bukan lewat wawancara media. Saya sudah bilang, kan. Antar-instansi pemerintahan itu ya bersurat, lalu kita jawab. Masa jawab-jawaban lewat media,” tutur Anies di Gedung Dinas Penanaman Modal dan PTSP, Jakarta Selatan, Selasa (31/7).

Dia menyebut, pihaknya telah memberikan jawaban atas surat rekomendasi itu pada Jumat (27/7) lalu. Dia tak menampik telah menerima surat itu dan dia juga telah menyiapkan jawaban.

“Itu sudah disiapin dari hari Jumat kemarin. Begitu suratnya datang, kemudian kan sudah disiapkan jawaban,” tuturnya.

Dia lalu enggan untuk memberikan keterangan lebih lanjut dan merasa telah menutup kasus ini secara sepihak. Dia pun meminta Ketua KASN Sofian untuk tak terus melanjutkan permasalahan itu melalui media.

“Sudahlah Pak Sofian suruh ngurusin dirinya sendiri saja,” ujar Anies lalu meninggalkan Gedung Dinas Penanaman Modal dan PTSP.

Sebelumnya, KASN memberikan surat rekomendasi yang berisikan perihal Anies, beserta jajarannya tidak mengikuti prosedur yang sesuai dalam menerapkan proses promosi, rotasi, dan mutasi terhadap 16 pejabat tingkat pratama di lingkungan DKI Jakarta.