Sirkuit Mandalika Dapat PMN Rp1,19 T, Pengamat Heran Bukannya Diusut Malah Dikasih Uang

eramuslim.com – Gigin Praginanto, pengamat kebijakan publik, memberikan tanggapan mengenai Sirkuit Mandalika yang kembali menerima Penyertaan Modal Negara (PMN) senilai Rp1,19 triliun.

“Bukan diusut malah dikasih duit,” sentil Gigin dalam keterangannya (17/6/2023).

“Itu yang gembar-gembor balap motor di Mandalika sukses besar perlu dikerangkeng juga. Jangan biarkan pamer foto lagi di Medsos,” tandasnya.

Sebelumnya, Usai menggemparkan publik dengan lilitan utang Rp4,6 triliun yang diderita pengelola Sirkuit Mandalika, akhirnya Komisi VI DPR menyetujui pengajuan Penyertaan Modal Negara (PMN) senilai Rp1,19 triliun.

Persetujuan PMN tersebut diajukan Menteri BUMN, Erick Thohir untuk empat BUMN dengan total Rp5,7 triliun.

Selain PMN untuk PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero)/InJourney yang terseok-seok mengelola Sirkuit Mandalika, ada tiga BUMN lain yang menikmati dana segar dari APBN.

Mereka adalah PT Bahana Pembinaan Usaha Indonesia (Persero)/IFG sebesar Rp3 triliun dalam rangka penyelesaian pengalihan polis Jiwasraya.

PT Reasuransi Indonesia Utama (Persero) sebesar Rp1 triliun dalam rangka risk mitigation perusahaan reasuransi dalam negeri.

Terakhir PT Rajawali Nusantara Indonesia (Persero)/ID Food sebesar Rp500 miliar dalam rangka investasi dan modal kerja.

Sementara PMN untuk PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero)/InJourney sebesar Rp1,19 triliun dialokasikan sebagai anggaran pembangunan infrastruktur Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Mandalika dan Sanur.

 

(Sumber: Fajar)

Beri Komentar

2 komentar