free hit counters
 

WALHI; Bukan 80%, Tapi 82% Lahan Sudah Dikuasai Korporasi Asing dan Domestik

zahid – Senin, 8 Rajab 1439 H / 26 Maret 2018 13:30 WIB

Eramuslim – Polemik terkait penguasaan lahan oleh asing mengemuka setelah mantan ketua MPR era reformasi, Amien Rais, menggugat kebijakan bagi-bagi sertifikat yang dilakukan Presiden Jokowi. Ketua Majelis Kehormatan PAN ini menilai apa yang dilakukan pemerintah adalah bentuk pembohongan yang dilakukan pemerintah terhadap rakyat kecil.

“Waspada bagi-bagi sertipikat, bagi tanah sekian hektare, tetapi ketika 74 persen negeri ini dimiliki kelompok tertentu seolah dibiarkan. Ini apa-apaan?” ujar Amien.

Sebenarnya berapa besar lahan kita yang dikuasai asing atau kelompok tertentu? Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) beberapa waktu lalu pernah melakukan kajian terkait penguasaan lahan di Tanah Air. Berikut penuturan Direktur Eksekutif Nasional Walhi Yaya Nur Hidayati kepada Rakyat Merdeka.

Apa betul 74 persen lahan kita dikuasai kelompok tertentu?

Iya. Berdasarkan data Walhi lahan itu banyak dikuasai oleh korporasi. Sebagian besar wilayah kita memang sudah di kavling-kavling untuk korporasi. Kalau menurut penelitian Walhi itu yang dikuasai oleh korporasi adalah sebesar 82 persen, atau sekitar 159 juta hektare yang sudah diberikan konsensi untuk korporasi.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2 3 4 5

Berita Nasional Terbaru