Walubi Sumut Kecam Para Biksu Teroris Myanmar Yang Menindas Muslim Rohingya

1 atusan-biksu-budha-myanmar-menggelar-demontrasi-menolak-keberadaan-muslim-rohingya-_120903111809-946
Para Biksu Teroris Yang Tidak Sesuai Dengan ajaran Budha

Eramuslim.com – Umat Buddha di Provinsi Sumatera Utara yang tergabung dalam Perwakilan Umat Buddha Indonesia mengecam tindak penganiayaan terhadap etnis Muslim Rohingnya yang dilakukan para biksu teroris Myanmar. Kecaman itu disampaikan Ketua Perwakilan Umat Buddha Indonesia (Walubi) Indra Wahidin usai berdialog dengan massa ‘Aliansi Maysarakat Antigenocide Muslim Rohingnya’ di sela-sela perayaan Waisak 2559 di Medan, Selasa (2/6).

Menurut Indra, Walubi Sumut sependapat dengan berbagai pihak yang prihatin dan tidak setuju atas penganiayaan terhadap etnis Muslim Rohingnya di Myanmar tersebut. Dalam penilaian Walubi, penganiayaan dan pembantaian etnis Rohingnya di Myanmar tersebut tidak sesuai dengan ajaran Buddha yang menekankan kasih sayang dan dharma budi.

Pihaknya menilai penganiayaan dan pembantaian di Myanmar tersebut hanya dilakukan kelompok teroris tertentu yang mengatasnamakan umat Buddha.

“Agama mana pun pasti tidak pernah mengajarkan seperti itu. Itu hanya oknum,” katanya.

Sebagai bentuk keprihatin dan ketidaksetujuan atas tindakan di Myanmar tersebut, Walubi Sumut ikut memberikan bantuan bagi pengungsi Muslim Rohingnya yang ditampung di Sumut dan Aceh.

“Kita ingin menunjukan kebersamaan dan menjernihkan isu yang tidak benar,” kata Indra.

Sebelumnya, sekitar 20 orang yang mengatasnamakan Aliansi Masyarakat  Antigenocide Muslim Rohingnya mendatangi lokasi perayaan Waisak di salah satu hotel di Medan dan mendesak ketegasan pengurus Walubi atas kekejaman yang dialami etnis Muslim Rohingnya di Myanmar.

Ketua Aliansi Maysarakat Antigenocide Muslim Rohingnya Muhammad Nuh mengatakan, pihaknya meminta klarifikasi dan ketegasan Walubi karena adanya simbol agama Budha dalam penganiayaan tersebut.

Pihaknya bergembira karena Walubi juga mengecam tindakan itu, sekaligus memastikan bahwa peristiwa tersebut adalah musibah kemanusiaa yang tidak sesuai dengan ajaran Budha.

“Ada kesamaan pendapat bahwa mereka (etnis Rohingya) adalah korban kemanusiaan,” ujar Nuh.(rz)