Warga Muhammadiyah Gelar Salat Ied di Kantor Pusat, Satu Ruas Jalan Ditutup

Ribuan Warga Muhammadiyah Khusyuk Jalani Salat Id di Lapangan Parkir PP  Muhammadiyah Menteng - Tribunnewsdepok.com

Eramuslim.com – Pimpinan Pusat Muhammadiyah menetapkan 1 Syawal 1444 Hijriah jatuh pada Kamis (21/4) hari ini. Terlihat, ribuan warga Muhammadiyah telah memadati Gedung Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Menteng, Jakarta Pusat.

Pantauan Liputan6.com, jemaah telah memenuhi Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah. Barisan shaf Salat Id pun nampak membludak hingga gerbang luar gedung.

Satu sisi jalan persis depan gedung PP Muhammadiyah menuju Jalan Medan Merdeka Selatan juga telah ditutup aksesnya bagi pengendara untuk dijadikan tempat bagi jemaah untuk melaksanakan Salat. Sejumlah petugas kepolisian pun berjaga di luar gedung.

Dikelola Ta’mir Masjid At Tanwir Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Salat Id diimami Muhammad Choirin. Salat dimulai sekitar pukul 06.40 Wib.

Selain itu, anggota pimpinan Majelis Tabligh PP Muhammadiyah yang juga dosen Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Jakarta ini juga bertindak sebagai khotib Salat Id.

Diketahui, penetapan Hari Raya Idul Fitri pada 2023 ini berbeda antara pemerintah dan Muhammadiyah. Pemerintah menetapkan Hari Raya Idul Fitri pada Sabtu, 22 April 2023 besok.

Keputusan itu disampaikan langsung oleh Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas usai mengikuti Sidang Isbat yang berlangsung di Kantor Kementerian Agama, Kamis 20 April 2023.

Sementara itu, warga Muhammadiyah merayakan Idul Fitri 1444 Hijriah pada 21 April 2023 ini. Perbedaan waktu perayaan lebaran Idul Fitri ini dikarenakan metode penentuannya yang berbeda.

Muhammadiyah menentukan awal bulan dengan metode hisab. Sementara pemerintah dan Nahdlatul Ulama (NU) menggunakan metode rukyatul hilal.

Terkait adanya perbedaan ini, Pemerintah mengimbau masyarakat dan para pemuka agama untuk tidak meributkan dan tetap saling menghargai.

(Liputan6.com)

Beri Komentar