free hit counters
 

Herklots, Ketika Agen Haji Tipu Jemaahnya

Redaksi – Kamis, 28 Zulqa'dah 1440 H / 1 Agustus 2019 11:00 WIB

Eramuslim.com – Para jemaah haji Indonesia ditipu agen dengan pemaksaan, pungutan liar, dan penelantaran. Sampai jatuh korban jiwa.

*

Ribuan jemaah umroh menjadi korban penipuan agen First Travel. Nilainya mencapai ratusan miliar. Penipuan oleh agen perjalanan ibadah ke Mekah juga pernah terjadi di masa kolonial Belanda. Pelakunya agen perjalanan haji The Java Agency milik Johanes Gregorius Marinus Herklots.

Untuk menjaring jamaah haji sebanyak-banyaknya, perusahaan haji itu menggunakan jasa pejabat lokal dan keluarganya sebagai tenaga pemasaran. Hadiahnya: pejabat itu plus keluarganya diberi tiket gratis ke Mekah. Salah satunya Wedana Cilegon bernama Entol Goena Djaja.

Tergiur dengan tiket haji gratis, para pejabat ini memakai kekuasaannya: memaksa rakyat yang hendak pergi haji untuk menggunakan perusahaan Herklots. Yang tak menggunakan perusahan itu, ditahan pas-nya (izin jalan, semacam paspor). Karena takut terhadap penguasa, dengan terpaksa banyak orang naik kapal Herklots sesuai perintah. Hasilnya, pada musim haji 1893, Herklots berhasil menjaring lebih dari 3.000 jamaah dari keseluruhan jamaah 8.092 orang.

Halaman selanjutnya →

Halaman 1 2

Historia Terbaru