5 Hal Yang Harus Diketahui Seorang Muslim Tentang Masjid Al Aqsha (Bag.I)

Eramuslim – 1,5 miliar umat Islam di dunia terguncang dengan keputusan Presiden Amerika Serikat Donalad Trump yang mengakui Al Quds sebagai ibukota negara pendudukan Zionis Israel pada hari Rabu (6/12) kemarin.

Tahukah kita mengapa Masjid Al Aqsha dan kota Al Quds menjadi inti dari konflik abadi Yahudi-Kristen-Islam? Berikut ulasannya

1. Kenapa Al Aqsha Begitu Penting ?

Al Aqsa adalah nama masjid berkubah perak di dalam kompleks seluas 35 hektar yang disebut al-Haram al-Sharif, atau Tempat Suci, oleh umat Islam, dan sebagai Bukit Kuil oleh orang Yahudi. Kompleks ini terletak di Kota Tua Jerusalem, yang telah ditetapkan sebagai situs Warisan Dunia oleh UNESCO dan menjadi tempat penting bagi tiga agama Ibrahimiyah (Islam-Kristen-Yahudi).

Situs ini telah menjadi bagian wilayah yang paling banyak diperebutkan di Tanah Suci Jerusalem sejak Israel menduduki Yerusalem Timur, termasuk Kota Tua, pada tahun 1967, bersama dengan Tepi Barat dan Jalur Gaza. Namun, konflik tersebut bahkan jauh lebih rumit sebelum munculnya negara Israel.

Pada tahun 1947, PBB menyusun sebuah rencana pembagian untuk memisahkan Palestina. Kemudian dibawah kendali Inggris, Palestina dibagi menjadi dua negara: satu untuk orang Yahudi, dan satu lagi untuk orang-orang Palestina. Negara Yahudi tersebut ditetapkan sebagai 55 persen dari tanah tersebut, dan 45 persen sisanya untuk negara Palestina.