8 Hal Tentang Masjid Al Aqsha yang Tidak Diketahui Mayoritas Muslim Dunia (Tamat)

Eramuslim – Berlanjut ke bagian terakhir dari 8 hal tentang Masjid Al Aqsha yang jarang diketahui oleh mayoritas Islam dunia, diantaranya adalah Imam Al Ghazali dan karya monumentalnya Ihyaa Ulum Al-Din.

Berikut ulasannya untuk Anda:

Tanah Pemakaman Para Nabi

Tidak ada catatan yang pasti berapa banyak Nabi dan para sahabat Nabi dimakamkan di tanah suci ini. Namun pasti jumlahnya banyak. Seperti Nabi Sulaiman mungkin dikuburkan di sana karena kita tahu bahwa seorang Nabi selalu dikuburkan di tempat dia meninggal.

Imam Al Ghazali Menyelesaikan Karya Monumentalnya di Komplek Masjid Al-Aqsha

Salah satu buku paling terkenal dalam literatur Islam monumental adalah Ihyaa Ulum Al-Din karya Ulama besar Islam Abu Hamid Al-Ghazali. Dia adalah orang yang dihormati oleh semua aliran pemikiran karena kemampuannya terjun ke dalam jiwa manusia sambil tetap berlabuh pada ajaran Alquran dan Nabi.

Kebanyakan orang tidak tahu bahwa Imam Al-Ghazali memilih tinggal untuk sementara waktu di Masjid Al-Aqsha dan menulis buku di sana. Sebuah bangunan di masjid menandai lokasi kamar lamanya.

Kompleks Masjid Al Aqsha Pernah Menjadi Tempat Pembuangan Sampah

Pada waktu periode warga Yahudi di larang tinggal di kota ini oleh Romawi. Bangsa Romawi menggunakan area masjid sebagai tempat pembuangan sampah. Ketika Umar membebaskan kota, dia membersihkan sampah itu dengan tangannya yang kosong.

Umar juga mengakhiri pengasingan orang-orang Yahudi yang berabad-abad oleh Romawi. Umar mengundang 70 keluarga sebuah desa pengungsi terdekat kembali ke Yerusalem dan memberi mereka hak untuk kembali setelah berabad-abad di pengasingan.

Komplek Masjid Al-Aqsha sebenarnya Memiliki Lebih dari Satu Masjid

Sebetulnya ada banyak masjid di area situs yang kita kenal sebagai Masjid Al Aqsha ini. Masjid Al-Aqsa sebagai bangunan di sudut paling selatan Masjid. Sebenarnya, di situ pula berada Masjid Qibly. Disebut demikian karena itu adalah yang paling dekat dengan kiblat.

Dan seluruh area gunung adalah bagian Masjid Al-Aqsha dan kerap disebut Haram Al-Sharif untuk mencegah kebingungan. Tapi ada masjid lain yang ada di situs ini, seperti Masjid Marwani dan masjid yang terhubung dengan kejadian historis tunggangan Nabi Muhammad saat Isra dan Miraj, yang disebut Masjid Buraq. (Rol/Ram)