Ahmadinejad: Apapun Keputusan Palestina Soal Israel, Harus Dihormati

Presiden Iran Mahmud Ahmadinejad mengatakan, sudah selayaknya Palestina memutuskan sendiri resolusi apa yang akan dilakukan terkait dengan konflik dengan Israel dan apapun keputusan Palestina, harus dihormati.

"Kami mengatakan itu atas dasar piagam PBB, atas dasar regulasi internasional yang berlaku saat ini, biarkanlah rakyat Palestina yang memutuskan sendiri, " tukas Ahmadinejad saat diwawancarai Diane Sawyer dalam acara Good Morning America stasiun televisi ABC, Selasa (13/2).

Dalam wawancara itu, Presiden Iran yang terkenal vokal mengkritik Israel dan AS ini kembali melontarkan saran agar dilakukan referendum baik di kalangan rakyat Palestina maupun Israel, untuk menentukan nasib wilayah tersebut.

"Saya pikir ini adalah hak mereka untuk memutuskan masa depan mereka, apapun keputusan rakyat Palestina harus dihormati. Dan saya kira, hal ini jelas sangat proporsional, " ujarnya.

Lebih lanjut Ahmadinejad membandingkan Israel dengan Soviet. "Apa yang terjadi dengan bekas Uni Sovyet? Uni Sovyet runtuh, lenyap dari permukaan bumi. Apakah itu karena perang? Tidak. Itu terjadi atas keputusan rakyatnya, " papar Ahmadinejad. (ln/Haaretz)