Empat Warga Palestina Tewas di Terowongan Penyelundupan di Rafah

Pejabat Gaza mengatakan empat warga Palestina tewas hari Selasa kemarin (12/4) ketika mereka dilaporkan mencoba untuk memperbaiki sebuah terowongan penyelundupan di dekat Rafah yang terkena serangan udara Israel pekan lalu. Lima orang lainnya juga terluka dalam runtuhan terowongan tersebut.

Tim penyelamat  memperingatkan terowongan lainnya bisa menghadapi nasib yang sama.

Menurut laporan, keempat orang yang tewas berumur sekitar 20 hingga 30 tahun dari kota Jalur Gaza selatan Khan Younis.

Ada ratusan terowongan di bawah perbatasan Gaza-Mesir sepanjang 9-mil, yang digunakan untuk penyelundupan barang dan orang ke Gaza. Israel mengklaim bahwa terowongan itu digunakan untuk menyelundupkan senjata dan amunisi, termasuk roket yang dapat menghantam kota-kota Israel. Israel mengklaim pemerintah Hamas menerima sebagian besar pasokan gas dan minyak solar dengan cara ini.

Israel menyerang terowongan lewat serangan udara mereka, sebagai pembalasan atas serangan roket dari Gaza. Angkatan Udara Israel dilaporkan melakukan beberapa serangan udara di Jalur Gaza akhir Rabu malam pekan lalu, termasuk serangan ke tiga terowongan penyelundupan yang digunakan untuk mendukung kegiatan pejuang Gaza.(fq/ynet)