Hamas Kecam Abbas yang Menyambut Kedatangan Presiden Yunani

Hamas mengecam tindakan yang dilakukan pimpinan Otoritas Palestina (PA) Mahmud Abbas dengan menyambut Presiden Yunani Karolos Papoulias setelah Yunani mengeluarkan larangan kapal armada Gaza merapat di pelabuhan mereka.

Pejabat senior Hamas Shalah al-Bardawil mengatakan dalam sebuah pernyataan pers pada hari Selasa kemarin (12/7): "Pada saat rakyat Palestina sangat marah pada posisi resmi Yunani … sebagai respon terhadap tekanan Zionis … Abbas justru mengejutkan kita dengan menerima presiden Yunani Karalos Papoulias di Ramallah."

Bardawil juga keberatan dengan fakta bahwa langkah tersebut datang setelah Papoulias dikunjungi oleh Presiden Israel Shimon Peres di mana Peres berterima kasih kepada Papoulias yang mendukung posisi Israel terkait armada yang akan berlayar ke Gaza.

Puluhan warga Palestina turun ke jalan di Manara Square, pusat kota Ramallah, sebagai reaksi menentang Abbas yang menyambut Papoulias.

Mereka mengibarkan bendera Palestina dan spanduk yang mengutuk larangan armada berlayar ke Gaza oleh presiden Yunani tersebut.

Papoulias Senin lalu mendarat di Israel untuk kunjungan resmi dan kemudian pergi ke ke Ramallah untuk kunjungan kenegaraan kedua ke Otoritas Palestina, yang menerima dia dengan sebuah upacara. Langkah ini membuat marah warga Palestina.(fq/pic)