Hamas: Dokumen Aljazeera Ungkap Kedok Asli Otoritas Palestina

Gerakan Hamas mengatakan bahwa dokumen rahasia yang dibocorkan oleh saluran satelit Al-Jazeera tentang pembicaraan damai antara otoritas Palestina yang dikontrol Fatah (PA) dan Israel adalah sesuatu yang sangat serius akan keterlibatan PA dalam upaya untuk melikuidasi Palestina.

Jurubicara Hamas Sami Abu Zuhri mengatakan kepada pusat informasi Palestina (PIC) bahwa dokumen tersebut mengungkapkan upaya PA untuk merusak hak-hak rakyat Palestina, terutama hak untuk kembali dan kota suci serta kerjasama dengan Israel terhadap perlawanan Palestina dan keterlibatannya dalam blokade dan perang terakhir di Gaza.

"Kami menganggap dokumen-dokumen tersebut adalah bukti lebih lanjut dari keamanan dan dekadensi politik dari PA itu sendiri," juru bicara Abu Zuhri menggarisbawahi.

Sementara itu, Abdulsatter Qassem, seorang profesor ilmu politik di kota Nablus, mengatakan bahwa dokumen-dokumen yang diungkapkan oleh saluran satelit Al-Jazeera tentang proses negosiasi antara PA dan Israel dan konsesi konsekuensi serius yang dilakukan oleh PA sebenarnya sudah dikenal oleh banyak kalangan di dalam dan luar Palestina.

Qassem dalam sebuah pernyataan untuk PIC mengatakan bahwa perunding PA tidak pernah jujur dengan rakyatnya. "Isu keseluruhan harus dikembalikan ke akarnya. Carilah asal negosiator, dari mana asalnya, bagaimana mereka datang dan dengan dasar apa dia berdiri?."

Profesor itu menunjukkan bahwa setiap pembicaraan perdamaian Arab dengan Israel selalu didasarkan pada perlindungan keamanan dan pihak Arab menolak untuk menerima hal itu namun hal tersebut tidak akan diizinkan oleh Israel untuk mengambil bagian dalam pembicaraan ini.

Al-Jazeera channel pada hari Minggu lalu mulai mengungkap 1.600 dokumen mengenai pembicaraan PA-Israel, bagian pertama dari mereka menunjukkan konsesi yang cukup murah yang dibuat oleh tim negosiasi PA tanpa mendapatkan imbalan apa pun, terutama berkaitan dengan isu Yerusalem, pengungsi, perbatasan dan keamanan.

Saluran ini awalnya menyajikan dokumen yang terkait dengan konsesi yang dibuat oleh PA tentang isu Yerusalem dan akan menunjukkan secara bertahap dalam beberapa hari mendatang dokumen lain yang berkaitan dengan kerjasama keamanan dengan Israel, perang Gaza dan laporan Goldstone.

Di antara dokumen adalah peta untuk negara Palestina yang diusulkan disiapkan oleh para juru runding PA.

Dalam sebuah pertemuan pada keempat Mei 2008, delegasi PA dipimpin oleh perunding utama Ahmed Qurei memberikan rekan-rekan Israel mereka peta ini, bersama dengan konfirmasi Qurei bahwa ada kepentingan bersama dalam mempertahankan beberapa permukiman Israel di Yerusalem dan Tepi Barat.

Menurut angka yang disebutkan dalam peta ini, tingkat pertukaran tanah antara kedua belah pihak di Yerusalem selatan adalah satu persen untuk Palestina dan 50 persen untuk Israel.

Peta juga menggambarkan bahwa PA ditawarkan untuk mengakui seluruh Yerusalem timur sebagai konsesi bersejarah bagi Israel sebagai imbalan untuk mendapatkan lahan di tempat lain selain kota suci.

Menurut dokumen yang bocor itu, negosiator PA secara pribadi melakukan diskusi dengan Amerika dan Israel dalam pertemuan yang berbeda pada tahun 2008 dan 2009 dan kemungkinan memberi Israel apa yang mereka sebut sebagai Yerushalayim terbesar dalam sejarah dan menyerahkan bagian dari lingkungan Arab Sheikh Jarrah. (fq/pic)