Haniyah Desak Erdogan untuk Membantu Rekonstruksi di Gaza

Perdana Menteri Palestina di Gaza Ismail Haniyah mendesak mitra Turkinya perdana menteri Recep Erdogan untuk berkontribusi dalam pembangunan di Gaza dan bekerja untuk mengangkat blokade terhadap wilayah Gaza.

Haniyah, dalam pesan yang dibawa oleh delegasi pemerintah Palestina yang mengunjungi Ankara, memuji dukungan pemerintah Turki untuk rakyat Palestina.

Perdana Menteri dari Hamas ini juga berharap bahwa Erdogan akan mengadopsi isu Yerusalem dan meningkatkan isu itu pada semua platform internasional.

Haniyah mengatakan bahwa gerakannya, Hamas, telah melakukan rekonsiliasi dengan Fatah untuk memperkuat posisi Palestina dan menggalang dukungan Arab, Islam, dan internasional untuk menjadikan Yerusalem ibukota Palestina. Namun intervensi asing menghambat jalannya rekonsiliasi, ia mengatakan bahwa intervensi seperti itu dimaksudkan untuk mempertahankan pengepungan terhadap Gaza.

Delegasi pemerintah Hamas yang diketuai Muhammad Askool, sekretaris kabinet, dan Yusuf Rizka, penasihat untuk Haniyah melakukan tur ke luar negeri untuk menggalang dukungan bagi Palestina dan membuka cakrawala baru bagi kerjasama dengan pemerintah Palestina.(fq/pic)