Jelang Ramadhan, Pejuang Gaza Tembakkan Roket ke Wilayah Israel

Dua roket ditembakkan dari Jalur Gaza mendarat di Israel selatan pada hari Minggu kemarin (31/7), tanpa menyebabkan kerusakan atau adanya korban cedera, kata militer Israel.

Roket-roket tersebut jatuh di dewan daerah selatan Pitchat Syalom dan Shaar HaNegev, kedua daerah yang berbatasan dengan wilayah Palestina.

Serangan itu menjadikan jumlah 26 roket yang ditembakkan dari Gaza ke Israel sejak 1 Juli, kata pihak militer.

Bulan Juli telah menjadi bulan intensif dalam jumlah roket dan proyektil lainnya ditembakkan ke Israel dari Gaza setelah beberapa bulan tenang menyusul adanya aksi kekerasan pada bulan April, ketika sebuah rudal anti-tank ditembakkan dari Gaza menghantam sebuah bis sekolah Israel, menewaskan seorang remaja.

Israel menanggapi serangan pada waktu itu dengan serangkaian serangan udara yang menewaskan setidaknya 19 warga Palestina dalam kekerasan paling mematikan sejak serangan Israel yang menghancurkan selama 22-hari di Gaza pada tahun 2008-2009.

Kekerasan telah menimbulkan kekhawatiran lain akan adanya serangan ofensif serupa, namun pada 10 April lalu penguasa Hamas di Gaza menyatakan gencatan senjata kembali yang mengakhiri Operation Cast Lead Israel pada Januari 2009. (fq/afp)