Kaji Akibat Blokade Israel, Anggota Parlemen Eropa Kunjungi Jalur Gaza

Sebuah delegasi tingkat tinggi dari anggota parlemen Eropa telah mendarat di Jalur Gaza pada hari Minggu kemarin (24/7) dalam kunjungan yang ditetapkan berlangsung beberapa hari.

Para anggota parlemen, dipimpin oleh presiden partai Buruh Inggris Tony Lloyd, ingin mempelajari efek pengepungan yang sedang berlangsung terhadap wilayah tersebut, panitia kunjungan mengatakan.

Delegasi tersebut terdiri dari 17 anggota parlemen dari berbagai partai politik, termasuk kubu liberal, sosialis, dan partai Hijau.

Mereka memasuki Jalur Gaza melalui Rafah di perbatasan Gaza dengan Mesir, kata lembaga pengorganisasian kunjungan, Dewan Hubungan Palestina Eropa (CEPR).

CEPR mengatakan tujuan delegasi adalah untuk mendapatkan kesadaran lebih atas krisis kemanusiaan di Jalur Gaza dalam kaitannya terhadap blokade berkelanjutan Israel, dengan fokus pada efek dari agresi Israel yang paling terakhir dan pembatasan yang diberlakukan pada nelayan lokal dan dilema air limbah. Mereka juga memiliki kepentingan dalam mengkaji peran Mesir di perbatasan Rafah.

Kepala Delegasi Tony Lloyd mengatakan delegasi berharap untuk memberikan warga Palestina di Gaza harapan kehidupan yang lebih baik dan masa depan serta untuk membantu membawa kehidupan mereka kembali normal.

Sumber dari partai-partai yang melakukan kunjungan mengatakan bahwa opini publik dunia berdiri terhadap Palestina dan waktunya telah datang untuk pengakuan negara Palestina. (fq/pic)